Akan Ada Penambahan Kabupaten Percontohan

share on:
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Muh Musa'ad - Jubi/Alex
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Muh Musa’ad – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Muh Musa’ad mengatakan akan ada penambahan kabupaten percontohan. Hal ini akan dilakukan setelah pihaknya menyerahkan hasil evaluasi program Gerakan Membangun Masyarakat Harapan Seluruh Rakyat Papua (Gerbang Mas Hasrat Papua) ke gubernur.

Saat ini, lima kabupaten yang mewakili lima wilayah adat di Papua antara lain, Kabupaten Keerom, Lanny Jaya, Mappi, Deyai dan Supiori.

“Semua sudah ada hasil evaluasinya, tapi saya akan laporkan kepada Gubernur terlebih dahulu untuk memastikan mana yang harus kita tingkatkan kedepan, yang jelas ada penambahan kabupaten dari sebelumnya lima kabupaten,” kata Muh Musa’ad kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Rabu (25/3/2015).

Dia menjelaskan, penambahan kabupaten yang akan menjadi pilot project pada lima wilayah adat Papua, anggarannya akan bersumber dari dana lima kabupaten yang belum 100 persen digunakan sebelumnya.

“Jadi kita gunakan sesuai dengan kinerja, jika kinerjanya hanya 20 persen. Berarti tahun depan harus kita berikan 20 persen. Kalau kinerjanya 50 persen, tahun berikutnya kita kasih 50 persen, kelebihannya akan kita berikan kepada kabupaten yang baru,” ucapnya.

Menurut dia, saat ini ada 15 kabupaten yang ada di lima kawasan adat Papua, yakni dua kabupaten di Memberamo Tengah, dua kabupaten di Saireri, dua kabupaten di Animha, enam kabupaten di Lapago dan tiga di Mepago.

“Itu sudah kita canangkan, sehingga secara bertahap kita lakukan pada lima kabupaten dulu. Kita evaluasi lima kabupaten ini, kalau sekarang ada dari lima kabupaten yang mencapai serapan dananya 50 persen, maka tahun berikutnya kita kasih 50 persen saja,” katanya.

Sebelumnya. Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan program Gerbang Mas Hasrat Papua menjadi langkah awal Pemerintah Provinsi Papua dibawah kepemimpinannya bersama Gubernur Lukas Enembe untuk mempercepat pembangunan menuju Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

Selain mendukung program pembangunan di kabupaten/kota, program ini juga akan merancang proyek percontohan di lima kabupaten yang mewakili lima wilayah adat di Papua antara lain, Kabupaten Keerom, Lanny Jaya, Mappi, Deyai dan Supiori. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Akan Ada Penambahan Kabupaten Percontohan