Dispencapil Mimika Mendata NIK untuk BPJS

share on:
Kepala Dispencapil Kabupaten Mimika,  Ir. Jhon Wicklif Tegai, MM. (Jubi/Istimewa)
Kepala Dispencapil Kabupaten Mimika, Ir. Jhon Wicklif Tegai, MM. (Jubi/Istimewa)

Timika, Jubi – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Kabupaten Mimika mengklaim mulai mendata Nomor Induk Kependudukan (NIK) pekerja di Kabupaten Mimika untuk keperluan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Untuk BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan hampir semua perusahaan di Freeport, yang bergabung dalam APINDO maupun yang tidak, sebagian besar karyawannya belum mempunyai NIK tunggal, padahal NIK merupakan identitas pribadi setiap orang yang digunakan sebagai akses pelayanan publik baik di Perbankan, asuransi, maupun dimana saja,” kata Kepala Dispencapil Kabupaten Mimika, Jhon Wicklif Tegai, di Timika, Rabu (25/3/2015).

Apabila terjadi NIK ganda, akses pelayan publik yang dilakukan oleh pekerja akan ditolak oleh secara otomatis, terutama untuk asuransi ketenagakerjaan dan asuransi kesehatan.

“Nanti di dalam kartu tanda pengenal anggota peserta BPJS, tertera NIK. Ini yang menjadi persoalan yang sementara dihadapi oleh BPJS dan juga perusahaan,” katanya.

Jhon menuturkan, pihaknya telah menerima data dari salah satu perusahaan, yakni Kuala Pelabuhan Indonesia (KPI), sebanyak 7000 keryawan yang belum mempunyai NIK dan akan diproses oleh dispencapil. Sedangkan yang sudah punya NIK sudah bisa memperoleh kartu BPJS Kesehatan.

“Sejauh ini baru urus KPI karena data dari BPJS Kesehatan memang hanya baru dari KPI saja, sedangkan perusahaan yang lainnya belum, jadi kita masih menunggu. Sedangkan kalau dari BPJS Ketenagakerjaan baru saja masuk sekitar 17.000 data, cuma kami dari dinas kan harus melihat dulu secara baik supaya tidak timbul NIK ganda, karena NIK itu tidak boleh lebih dari satu.” jelasnya.

Seorang Warga Mimika, Helena berharap pendataan bisa menginput data secara baik, terutama untuk membantu pendataan ke BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. “Kami warga masyarakat tetap menyambut baik, terutama untuk membantu kesehatan masyarakat,” tandasnya. (Eveerth Joumilena)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dispencapil Mimika Mendata NIK untuk  BPJS