1000 Batu Akik Akan Dipamerkan Pada FDS 2015

share on:
Para penjual batu akik di Sentani - Jubi / Engelberth Wally
Para penjual batu akik di Sentani – Jubi / Engelberth Wally

Sentani, Jubi – “ Sebanyak 1000 batu akik yang telah dibuat dalam bentuk mata cincin akan kami pamerkan pada ifen tahunan Festival Danau Sentani (FDS) Juni mendatang di pantai wisata khalkote sentani timur,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabutan Jayapura Kris Kores Tokoro di Sentani, Kamis (26/3/2015).
Kata dia, batu akik dari bahan batu siklop saat ini sedang di olah oleh beberapa pengrajin batu akik yang yang ditunjuk langsung oleh pihaknya, hal ini dimaksud selain untuk di pamerkan hasil dari Sumber Daya Alam Kabupaten Jayapura, tetapi juga akan dimasukan dalam catatan museum rekor Indonesia (Muri) sebagai pameran batu akik terbanyak.

Lanjut Tokoro, panitia FDS sudah dibentuk dan disahkan lngsung oleh Bupati Jayapura, tinggal saat ini kita akan mulai dengan promosi kegiatan serta persiapan tempat pelaksanaan dan materi – materi kegiatan fastival yang mungkin ada penambahan nanti di tambah lagi dari tahun – tahun sebelumnya. “Karena ini ifen nasional yang sudah teragenda di kementerian parawisata republik indonesia tentunya bukan hanya masyrakat lokal yang akan berkunjung ke tempat kegiatan sudah pasti ada kunjungan dari mancanegara, untuk itu kita perlu persiapan yang cukup untuk melaksanakan ifen ini,” katanya.

Sementara itu, Ruben S warga sentani kota yang juga sering membuat batu akik untuk dijual mengaku pesimis terhadap rencana pemerintah yang mau memamarkan batu akik sebanyak 100 buah, apalagi batunya dari siklop.
“ Kira gampang ka? Untuk mendapatkan satu mata akik saja kerjanya berhari – hari dan memerlukan konsentrasi yang cukup tinggi, tidak asal – asal dalam pembuatanya apalagi batunya dari Siklop,” katanya. (Engelberth Wally).

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  1000 Batu Akik Akan Dipamerkan Pada FDS 2015