Pemkab Tanah Laut Kembangkan Biogas Sawit

share on:

Pelaihari, Jubi/Antara – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan mengembangkan energi biogas dari limbah sawit untuk mengatasi krisis listrik di daerah tersebut.

Bupati Tanah Laut, H Bambang Alamsyah, di Pelaihari, Jumat (27/3/2015), mengatakan pengembangan energi listrik dari biogas limbah sawit tersebut mendapatkan dukungan dari Kementerian ESDM.

Menurut Bupati, dukungan Kementerian ESDM tersebut antara lain dengan memberikan bantuan pembangunan pembangkit listrik tenaga biogas (PLT biogas) berkapasitas satu MW di Kabupaten Tanah Laut pada 2015.

“Kami segera menindaklanjuti bantuan ini, antara lain dengan menyiapkan lahan untuk pembangunan pembangkit tersebut,” katanya.

Bupati yakin Pemerintah Kabupaten Tanah Laut pasti bisa memenuhi keinginan Kementerian ESDM tersebut untuk merealisasikan pembangunan PLT biogas.

“Krisis energi listrik sangat berkaitan dengan pengembangan ekonomi, keamanan, sehingga krisis listrik harus diupayakan diatasi secara terus menerus dengan berbagai program pengembangan energi terbarukan,” katanya.

Menurut Bambang, selain sebagai sarana menunjang pengembangan perekonomian dan investasi, listrik bagian dari kebutuhan hiburan untuk keluarga seperti televisi, juga sebagai sumber pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Kasubdit Penyiapan Program Bioenergi Kementerian ESDM, Agus Saptono, ketika diterima Bambang Alamsyah di kantor bupati, Rabu (26/3), mengungkapkan bantuan yang diberikan Kementerian ESDM merupakan langkah strategis untuk menanggulangi krisis energi listrik yang terjadi di daerah ini.

Menurut dia, dampak krisis energi listrik telah menghambat aktivitas masyarakat, baik itu dalam konteks pertumbuhan ekonomi, pendidikan, pelayanan masyarakat, serta beragam sektor lainnya.

Tanah Laut memiliki potensi energi listrik terbarukan yang cukup besar, bukan hanya dari limbah sawit, tetapi juga dari kotoran sapi.

Potensi tersebut terjadi karena Tanah Laut merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya alam berupa perkebunan sawit dan peternakan yang cukup besar.

Sebelumnya, salah satu perusahaan di Tanah Laut juga sukses mengembangkan energi listrik dari jagung, yang mampu mengaliri listrik di rumah karyawan di sekitar perusahaan tersebut. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Tanah Laut Kembangkan Biogas Sawit