Dinas Perikanan dan Kelautan Kab Jayapura Akan Bangun Pabrik Pakan Ikan

share on:
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura - Jubi / Engelberth Wally
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura – Jubi / Engelberth Wally

Sentani, Jubi – Salah satu faktor penting dalam pembudi dayakan ikan air tawar di daerah Kabupaten Jayapura karena minimya pakan yang baik bagi ikan yang sedang di budi dayakan. Selama ini pakan yang diberikan secara tradisional dan membeli pakan yang dijual di tempat – tempat penjual pakan ikan. Dinas Perikan dan Kelautan sedang mencari solusi untuk membangun pabrik pakan ikan, yang nantinya kan di distribusikan kepada para petani ikan air tawar di Danau Sentani.

“ Ini sudah menjadi agenda dinas kami, dan sudah saya lporkan kepada pimpinan Daerah dalam hal ini Bupati, kata Beliau segera mencari tempat dan dibangun pabriknya. Saya juga sedang mencari dan mengumpulkan data yang otentik tentang tempat yang akan digunakan untuk membangun pabrik pakan ikan ini,” kata Rudi Saraghi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura di kantornya, Senin (30/3/2015).

Kata dia, hal ini juga sudah di laporkan kepada pihak DPRP sat melakukan rapat koordinasi di provinsi, dan pihak DPRP memberikan tanggapan serius bahwa hal ini harus di realisasikan tahun ini di Kabupaten Jayapura.

“Selanjutnya ada sejumlah petani ikan air tawar yang sudah kami siapkan untuk mengelola dan mengembangkan budi daya ikan air tawar di Danau Sentani,”katanya.

Menurutnya hasil dari apa yang di kelola ini bisa dijual ke daerah – daerah di pegunangan tengah, Rudi memberikan contoh, saat ini Kabupaten Nabire memberikan suplai ikan air tawar ke tiga Kabupaten Pemekarannya (Dogiai,Deyai,Intan Jaya). Mantan staf ahli Bupati ini berharap agar ke depan hal ini juga dilakukan oleh pihaknya.

Sebelumnya Agus Tokoro mengaku kalau dirinya sangat susah untuk mendapat pakan ikan, selama ini hanya memberi makan ikan dengan gabah dan ampas sagu yang sudah di parut, Agus berharap ke depan ada stok pakan ikan yang disediakan oleh Pemerintah Daerah melalui Instansi terkait. ( Engelberth Wally)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinas Perikanan dan Kelautan Kab Jayapura Akan Bangun Pabrik Pakan Ikan