12 Fakta Dari Mokmer ke Frans Kaisepo

share on:
Bandara Frans Kaisepo yang dahulu bernama Mokmer - Jubi
Bandara Frans Kaisepo yang dahulu bernama Mokmer – Jubi

Jayapura, Jubi – Dalam pengelolaan Indonesia, nama Bandara Mokmer diubah menjadi Bandara Frans Kaisiepo tahun 1984. Posisi strategis bandara ini yang dekat Samudra Pasifik dan berlokasi di ekuator membuat Garuda Indonesia memasukkan Biak dalam penerbangan internasional ke Amerika Serikat (AS).

Tahun 1996-1998 Garuda menerbangi rute Jakarta-Denpasar-Biak-Honolulu-Los Angeles dengan pesawat berbadan lebar MD-11. Bandara ini sebenarnya sanggup didarati pesawat sebesar Boeing 747 seri 400. Sayang rute internasional melintasi Samudra Pasifik tersebut terhenti karena hantaman krisis ekonomi. Sejak itu pula status bandara internasional terhenti, hingga sekarang.

Padahal bandara yang dibangun di atas litologi batugamping (limestones) alias batu karang ini amat kokoh dan bersifat keras. Letak geografis di garis ekuator dan di mulut Samudra Pasifik menjadikan Bandara Frans Kaisiepo tetap penting. Sempat terpetik kabar pembangunan kawasan perdagangan berikat di Biak, lantaran punya dukungan bandara yang berkualitas internasional dan pelabuhan laut di antara wilayah kepulauan Nusantara dan Samudra Pasifik.  (kompasiana.com)

Lanjut Membaca 12 Fakta Bandara Mokmer hingga Frans Kaisepo

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  12 Fakta Dari Mokmer ke Frans Kaisepo