Zulham Zamrun Bermain Cerdik di Timnas

share on:
Zulham Malik -Jubi/ist
Zulham Malik -Jubi/ist

Jayapura, Jubi-Bermain di Persipura Zulham Malik Zamrun baru satu kali mencetak gol saat Persipura melawan Mitra Kukar pra musim di Malang. Selebihnya di babak penyisihan AFC belum menunjukan ketajamannya. Pemain yang pertama kali memperkuat timnas Indonesia saat melawan Saudi Arabia 7 Oktober 2011.

Pertandingan kedua melawan Myanmar, pemain Persipura ini mampu memberi assist kepada Maitimo untuk mencetak gol pertama bagi kemenangan timnas Indonesia atas Myanmar dengan skor 2-1.
Bukan hanya itu saja dia juga mencetak gol pembuka saat melawan Vietnam dan mampu mencetak gol penyama bagi timnas Indonesia.

Laga melawan Myanmar, pemain naturalisasi Persipura Bio Paulin bermain bersama Zulham pada Senin(30/3/2015) di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Timnas asuhan Beny Dollo sulit menyelesaikan peluang di depan gawang Myanmar. Beberapa peluang diciptakan oleh Timnas Indonesia di babak pertama gagal membuahkan gol.
Peluang terbaik Timnas Indonesia di babak pertama saat Zulham dapat peluang emas setelah mendapat umpan silang dari Haryono , gagal membuah gol. Begitupula dengan Boaz Solossa yang akhirnya diganti pada babak kedua.

Gol baru tercipta dari kaki Raphael Maitomo menit ke 61 setelah menerima umpan dari Zulham Zamrun.
Penampilan yang cerdik dan mematikan di Timnas Indonesia, ternyata belum bertaji di Persipura. Mantan striker PSBS Biak, Yosef Sroyer menilai di Persipura Zulham jarang diturunkan berduet dengan Boaz sehingga belum tampak ketajamannya. “Bagi saya kalau pemain ini seringkali diturunkan pasti akan lebih tajam dan bertaji,”kata mantan striker PSBS era 1980 an ini kepada Jubi, Selasa(31/3/2015) di Waena.

Hal senada juga dikatakan mantan gelandang Mandala Jaya Klub era 1980 an Marthen Rumere. “Pemain ini sangat tajam di lini depan sehingga perlu sesekali pelatih memasang dia bermain dengan Boaz di lini depan,”katanya. Apalagi kata Rumere jelang melawan Maziya nanti sebaiknya laga kandang melawan Persiram Raja Ampat sebaiknya Zulham diturunkan penuh agar saat melawan Maziya dan The Warrior sudah padu dengan Robertino Pugliara, Boaz dan Kone di lini depan.

Hanya saja Rumere mengakui kalau wewenang untuk memasang pemain adalah kebijakan pelatih tetapi tak soal kalau sebaiknya Zulham Zamrun bisa diturunkan mengisi posisi Ian Luis Kabes yang terkena kartu merah saat Persipura melawan Maziya di Maladewa.

Zulham Zamrun sendiri memilih Persipura ketimbang Persib Bandung karena merasa bergabung dengan tim juara Mutiara Hitam. Pelatih Persipura Osvaldo Lessa belum lama ini mengatakan semua pemain di Persipura punya peluang sama dan tak ada perbedaan antara pemain cadangan dan inti.(Dominggus Mampioper)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Zulham Zamrun Bermain Cerdik di Timnas