2016, Kabupaten Jayapura Bangun Pabrik Semen Pertama di Papua

share on:

Sentani, Jubi –  PT Semen Indonesia Tbk dan Pemerintahan Kabupaten Jayapura sepakat bekerja sama membangun industri semen di Kabupaten Jayapura, yang merupakan pabrik semen pertama di Papua.

Pemancangan tiang pertama direncanakan pada Januari 2016 dengan kapasitas produksi sekitar satu juta ton per tahun. Pabrik semen di Jayapura senilai sekitar USD 150 juta) tersebut rencananya akan selesai dalam tiga tahun.

Pembangunan dan pembiayaan pabrik tersebut dikoordinasikan PT Semen Indonesia Tbk. Pemkab Jayapura membantu sosialisasi serta pembicaraan dengan masyarakat setempat yang lokasinya akan digunakan untuk pengembangan industri tersebut.

Kerja sama ini ditegaskan dalam acara Launching Kegiatan PT Semen Indonesia Tbk dengan Pemkab Jayapura, Kamis (2/4/2015), menindaklanjuti MoU di Gresik (26/2) silam.

PT Semen Indonesia Tbk diwakili Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis, Rizkan Chandra, mewakili Dirut Suparni. Pemkab Jayapura diwakili Bupati Mathius Awoitauw.

“Ini seperti jodoh antara Jayapura dengan Semen Indonesia. Mereka punya keahlian dan keinginan untuk kembangkan industri semen di Papua karena dapat efisiensi dari biaya distribusi dan antisipasi peningkatan konsumsi semen serta peluang ekspor ke PNG. Kami penduduk Jayapura ingin berbagai industri strategis yang membutuhkan semen mudah dikembangkan di sini supaya ekonomi Jayapura berkembang lebih pesat. Bila industrinya dibangun, ekonomi bisa makin kuat, kualitas hidup rakyat makin meningkat,” kata Mathius Awoitauw, pada acara jumpa pers di VIP Room Kantor Bupati, Kamis (2/4/2015).

Sementara itu, Rizkan Chandra mengatakan pihaknya bersyukur karena rencana PT Semen Indonesia membangun pabrik semen terintegrasi di Kabupaten Jayapura disambut baik oleh Bupati dan jajarannya. “Ini langkah maju bagi masyarakat Jayapura dan Papua umumnya,” katanya. (Engelberth Wally)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  2016, Kabupaten Jayapura Bangun Pabrik Semen Pertama di Papua