342 Kandidat akan Bertarung dalam Pemilu Bougainville

share on:
Penduduk di Central Bougainville - Victor Mambor
Penduduk di Central Bougainville – Victor Mambor

Jayapura, Jubi – 342 calon akan bertarung dalam pemilihan umum parlemen Bougainville bulan depan. Sementara untuk kursi presiden, delapan calon siap berhadapan dengan presiden saat ini, John Momis.

Post Courier, Selasa (7/4/2015) melaporkan bagian utara Bougainville mencatat jumlah calon paling banyak yang mencapai 158 calon. Laporan ini menyebutkan mantan anggota parlemen Papua Nugini (PNG) dari Central Bougainville dan Menteri Pertambangan Samuel Akoitai menjadi ancaman utama bagi Momis. Satu ancaman lainnya untuk Momis adalah mantan komandan Tentara Revolusioner Bougainville Ismail Toroama.

Isu lainnya menjelang pemilihan umum Bougainville ini adalah pernyataan mantan presiden Bougainville, James Tanis, yang menyebutkan kelompok mantan penentang pemerintah otonom telah memberikan dukungan untuk pemilu bulan depan.

Tanis, yang adalah presiden Bougainville 2008-2010 dan tidak maju lagi untuk bertarung sebagai presiden mengatakan ada kesepakatan di antara sembilan calon presiden pada isu-isu kritis pertambangan dan referendum kemerdekaan.

“Pekan lalu saya menyaksikan delegasi dari wilayah Panguna, termasuk mantan anggota kelompok separatis Me’ekamui memberikan dukungan kepada kandidat presiden dan pemerintah otonom,” kata Tanis kepada Jubi, Senin (6/4/2015).

Tanis menambahkan mereka mengakui sekarang saatnya untuk melanjutkan perjuangan kemerdekaan Bougainville dari PNG.

“Bagi mereka (kelompok separatis Bougainville) tidak ada jalan keluar lain. Bougainville harus bergerak maju, melaksanakan Perjanjian Perdamaian dan melakukan referendum. Sehingga pertanyaan tentang kemerdekaan Bougainville akan dijawab satu kali saja untuk penyelesaian komperehensif,” ujar Tanis lagi.

Tanis juga mengakui semua kandidat presiden berkomitmen untuk memastikan referendum yang akan dilakukan beberapa tahun lagi menghasilkan kemerdekaan Bougainville dari PNG.
“Sejauh ini saya telah mendengar dari para kandidat, termasuk Presiden Momis, mereka berkomitmen untuk memerdekakan Bougainville melalui referendum. Jadi sejauh ini tampaknya tidak banyak perbedaan di antara para calon,” kata Tanis.

Penduduk Bougainville akanberpartisipasi dalam pemungutan suara selama dua minggu yang dimulai tangga 11 Mei 2015. 33 kursi parlemen diperebutkan oleh para kandidat. Dari total 33 kursi itu, tiga jatah kursi dialokasikan untuk perempuan dan tiga kursi disediakan untuk non-kombatan. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  342 Kandidat akan Bertarung dalam Pemilu Bougainville