Banyak Penipuan Dilakukan PT Sinapura

share on:
teripang
Danlantamal XI Merauke, Brigjen (TNI) Buyung Lalana. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Danlantamal XI, Brigjen (TNI) Buyung Lalana menegaskan, banyak penipuan yang dilakukan PT Sinapura milik Mister Lau Bean untuk pengambilan teripang dari Negara PNG. Jika dibongkar lebih mendalam, maka banyak juga ketidakberesan berkaitan dengan dokumen surat-surat.

Penegasan itu disampaikan Danlantamal saat ditemui Jubi di Pelabuhan Perikanan Merauke Selasa (7/4). “Saya ingin mengatakan bahwa sebenarnya banyak yang tidak benar dari pengambilan teripang oleh Mister Lau Bean di Negara PNG. Banyak dokumen yang dimiliki adalah asli tapi palsu,” ujarnya.

Dijelaskan, berkaitan dengan teripang milik Mister Lau Bean sekitar 300-an kilogram itu, tetap akan diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Nantinya kebenarannya, akan terungkap dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Merauke. “Kita akan tetap konsekuen dengan aturan hukum yang berlaku di republik ini,” katanya.

Dikatakan, pihak Lantamal tidak akan bersikap arogan dan tetap memberikan jaminan kepada semua orang termasuk proses penyelesaian secara hukum kasus teripang. “Memang negara memberikan kesempatan kepada semua orang untuk melakukan suatu usaha dan atau kegiatan. Tetapi jangan sekali-kali bersikap nakal,” pintanya.

Diakui jika sampai sekarang, barang bukti berupa teripang masih ada. Namun, sudah beberapa bulan dilakukan penyitaan, sehingga pasti akan mengalami penyusutan. Tetapi jelasnya tetap ada, karena nantinya menjadi barang bukti dalam proses persidangan di pengadilan.

Sebelumnya, Pengacara PT Sinapura, Efrem Fangohoy mengatakan, pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin agar membicarakan dengan baik bersama Lantamal XI terkait teripang tersebut. Namun, sepertinya tidak diresponi dengan baik.

Ditambahkan, beberapa bulan lalu, penyidik Lantamal XI sudah pernah mengirim berita acara pemeriksaan (BAP) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Merauke, namun ditolak dan sampai sekarang belum dilengkapi kekurangan sebagaimana petunjuk yang diberikan jaksa. (Frans L Kobun)

 

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Banyak Penipuan Dilakukan PT Sinapura