Aparat Kepolisian Biak Amankan Naskah UN

share on:

Biak, Jubi/Antara – Aparat Kepolisian Resor Biak Numfor dilibatkan secara langsung dalam pengamanan naskah ujian nasional yang saat ini sudah disimpan di gudang Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Papua.

“Saya jamin soal UN tingkat SMA/SMK dan SMTK serta Paket C (setara SMA) tetap terjaga kerahasiaannya karena dijaga berlapis aparat kepolisian dan petugas pengamanan internal Dinas Pendidikan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor Lod Yensenem di Biak, Rabu (8/4/2015).

Ia menjelaskan naskah UN merupakan dokumen rahasia milik negara sehingga dalam penyimpanan harus tetap memperhatikan prosedur yang berlaku.

Sejak soal UN itu tiba di Biak pada Selasa (7/4/2015), mulai dari pengambilan di kawasan bandara hingga pengangkutan menuju gudang di Dinas Pendidikan mendapat pengamanan ektra ketat dari aparat kepolisian.

Ia menjelaskan pengawasan UN 2015 sesuai dengan prosedur. Untuk UN tingkat SMA/SMK dipantau tim Dinas Pendidikan Provinsi Papua dan perguruan tinggi yang ditunjuk.

Selain pengawas dari perguruan tinggi, kata Lod, Dinas Pendidikan Biak Numfor akan mengerahkan pengawas dari jajaran dewan guru sesuai dengan surat keputusan yang dibuat Bupati Biak Numfor dan Dinas Pendidikan setempat.

Untuk persiapan menghadapi UN pada 13-16 April 2015, ia memastikan semua persiapan sudah 100 persen.

“Ya setiap siswa, orang tua, dan dewan guru harus mendukung pelaksanaan UN karena merupakan kalender tahunan pendidikan dalam menentukan kelanjutan pendidikan masa depan anak,” katanya didampingi Ketua Panitia Penyelenggara UN Kabupaten Biak Numfor Piet Havurubun.

Berdasarkan jadwal, pelaksanaan UN tingkat SMA/SMK dan Sekolah Menengah Theologia Kristen, secara serentak pada 13-16 April 2015.

Peserta UN di daerah setemapt 82.229 siswa untuk SD hingga SMA/SMK, serta siswa sekolah nonformal Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA) mencapai 1.009 siswa. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Aparat Kepolisian Biak Amankan Naskah UN