Implementasi UU Desa, Kota Jayapura Tahap Pertama Terima Rp 5 Miliar

share on:
bimtek APBK dan RPJMK di 14 Kampung se-Kota Jayapura- Jubi/Sindung
bimtek APBK dan RPJMK di 14 Kampung se-Kota Jayapura- Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi- Implementasi Peraturan pemerintah Nomor 60 tahun 2014 tentang Dana Desa, 14 Kampung di Kota Jayapura akan menerima lebih dari Rp. 5 miliar dalam tahap pertama atau 40 persen di satu tahun anggaran.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPMPK) Kota Jayapura, Daniel Mano kepada Jubi di ruang kerjanya, Rabu (8/4/2015)
“Sekitar Rp 12-13 Miliarlah dari 3 tahap yang direncanakan setahun anggaran, kalo ditarik rata-rata,” kata Mano.

Meski belum ada payung hukum sejenis peraturan daerah (perda.red) penerapan UU Desa tersebut pihak BPMPK kini tinggal menunggu Peraturan Walikota (Perwal) Kota Jayapura. “Draft Perwal sudah ada juga kita akan menunggu hasil pertemuan kita dengan provinsi guna menindaklanjuti,” katanya.

Mano mengemukakan dalam perwal nantinya akan juga tertera berapa jumlah besaran dana yang akan diterima oleh tiap kampung sesuai dengan kriteria persyaratan yang ada seperti Jumlah penduduk, luas wilayah, tingkat kemiskinan dan tingkat kesulitannya.

“Menurut rakor yang saya ikuti, tanggal 10 nanti uang akan cair ke kas daerah dan dalam waktu satu minggu lagi dana akan masuk di rekening kampung kemudian mereka akan mencairkan sesuai dengan RPJMK dan APBK yangg telah mereka susun,” katanya.

Terkait tenaga pendamping, Mano mengaku akan menyeleksi kembali tenaga pendamping PNPM Mandiri bagi 14 kampung yang ada. “Keinginan kita 18 orang mulai dari Koordinator Kota hingga ke kampung-kampung akan tetapi ini akan kita koordinasikan bersama Provinsi untuk siapa yang akan membayar tenaga pendamping tersebut. Kalo sudah kita release semua,” katanya.

Dikutip Kompas, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar meminta masyarakat pedesaan memanfaatkan dana desa untuk kemandirian dan pemberdayaan masyarakat. “Untuk tahun ini. Kita luncurkan anggaran secara bertahap tapi tahun mendatang saya akan prioritaskan agar anggarannya terus meningkat,” ujar Marwan, Minggu (22/3/2015). (Sindung Sukoco)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Implementasi UU Desa, Kota Jayapura Tahap Pertama Terima Rp 5 Miliar