Mei 2015 Suku Besar Yerisiam Akan Pilih Kepala Suku Baru

share on:
Ketua Panitia Pemilihan Kepala Suku Besar Yerisiam, Yanses Sipandang saat berbincang dengan masyarakat di kampung Sima, Yaur, Nabire, 5/4/2015. Jubi/Arnold Belau
Ketua Panitia Pemilihan Kepala Suku Besar Yerisiam, Yanses Sipandang (keempat dari kiri) saat berbincang dengan masyarakat di kampung Sima, Yaur, Nabire, 5/4/2015. Jubi/Arnold Belau

Jayapura, Jubi – Setelah menerima tongkat kepemimpinan suku besar Yerisiam, empat sub suku yakni, suku Akaba, Korobo, Sarakwari dan Waoha bertindak sebagai pimpinan kolektif yang kemudian membentuk panitia musyawarah besar (mubes) untuk memilih Kepala Suku Besar Yerisiam.

“Setelah kami keluarga mengembalikan tongkat kepemimpinan suku besar Yerisiam yang membawahi empat sub suku, pada saat yang sama telah dibentuk panitia. Dan panitia yang sudah dibentuk itu yang akan mempersiapkan segalahnya hingga mubes dilangsungkan pada awal bulan Mei 2015,” kata Robertino Hanebora, sekertaris suku Yerisiam kepada Jubi dari Nabire, Rabu (8/4/2015).

Hanebora menyebutkan, kepanitiaan yang terlah terbentuk adalah ketua panitia, Yansen Sipandang, Gunawan Inggeruhi, wakil ketua dan dibantu oleh Roberthino Hanebora sebagai sekretaris satu dan Jimy Niwari sebagai sekretaris dua serta Daniel Wairon sebagai bendahara. Nantinya panitia ini akan mempersiapkan pemilihan kepala suku yang baru dan berbagai kriterianya.

“Rencananya, pemilihan kepala suku akan dihadiri oleh pemerintah, elemen-elemen suku dan lembaga-lembaga adat di Nabire pada tanggal 5 Mei 2015,” katanya.

Sementara itu, ketua panitia pemilihan kepala suku besar Yerisiam, Yansen Sipandang meminta dukungan dari semua pihak. Agar semua proses yang kan berjalan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Saya minta dukungan dari semua tokoh-tokoh adat dan semua pihak untuk mendorong mubes yang akan dilakukan pada 5 Mei mendatang. Tentu tidak bisa menjalankan urusan kepanitiaan sendiri. Tetapi butuh dukungan dari semua masyarakat. Sebab pemilihan kepala suku secara demokratis yang akan dilakukan adalah untuk yang pertama kalinya,” ungkap Sipandang.

Maka itu, pihaknya meminta dorongan, bantuan, partisipasi dan juga kerja keras untuk sama-sama mendorong proses yang sedang berjalan. (Arnold Belau)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Mei 2015 Suku Besar Yerisiam Akan Pilih Kepala Suku Baru