Natan Pahabol: DPRD Terpilih Yahukimo Jangan Hanya ‘Tidur’

share on:
Anggota DPRP Asal Yahukimo, Natan Pahabol - Jubi/Arjuna
Anggota DPRP Asal Yahukimo, Natan Pahabol – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Anggota DPR Papua asal Yahukimo, Natan Pahabol berharap, 35 anggota DPRD kabupaten itu yang dilantik, Rabu (8/4/2015), bisa menjalankan tugas dan fungisnya sesuai harapan masyarakat. Tak hanya ‘tidur’ seperti anggota DPRD periode sebelumnya.

“Saya berharap mereka melakukan fungsi pengawasan dan fungsi kontrol sesuai tupoksinya, serta bisa melihat kinerja pemerintah membangun Yahukimo ke arah lebih baik. Jangan seperti DPRD periode lalu lebih banyak ‘tidur’. Tak ada fungsi pengawasan, monitorong, dan evaluasi,” kata Natan via teleponnya kepada Jubi, Rabu (8/4/2015).

Menurutnya, kesalahan yang dilakukan anggota DPRD periode sebelumnya, jangan lagi terulang. Katanya, ketika itu, parlemen setempat dikuasai legislator dari Golkar, partai penguasa di wilayah itu. Kala itu, partai berlambang Beringin tersebut menempatkan 24 kadernya sebagai anggota DPRD Yahukimo.

“Akibatnya, mereka dikendalikan eksekutif sehingga tak melakukan tugas dan fungsinya dengan baik. Bupati mengontrol mereka. Makanya, anggota DPRD periode ini harus bisa menjalankan fungsinya dengan baik,”  ucapnya.

Menurutnya, anggota DPRD adalah wakil rakyat, bukan pengikut bupati atau pemerintah, sehingga harus menempatkan diri sesuai tupoksinya. Fungsi kontrol dan monitoringnya harus jalan sesuai amanat rakyat.

“Pemerintah juga jangan mengintervensi dan mendikte DPRD jalan menjalankan tugas dan fungsinya,” katanya.

Pada suatu kesempatan, salah satu anggota DPRD terpilih Yahukimo dari Partai Gerindra, Merlis Heselo mengatakan, jika sudah dilantik, tentu pihaknya akan mengawasi setiap kebijakan pemerintah di wilayah itu. Katanya, jika memang ada program yang menguntungkan masyarakat, harus didukung. Namun kalau tidak, sudah menjadi tugas parlemen untuk mengevaluasi.  (Arjuna Pademme)

 

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Natan Pahabol: DPRD Terpilih Yahukimo Jangan Hanya ‘Tidur’