Papua Fokuskan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal

share on:

Jayapura, Jayapura/Antara – Gubernur Papua, Lukas Enembe, memfokuskan pengembangan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal, di antaranya dengan meningkatkan kapasitas masyarakat adat dalam pengelolaan sumber daya hutan.

Lukas Enembe, di Jayapura, Rabu (8/4/2015) mengatakan langkah ini diambil dengan tujuan untuk melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis komoditas unggulan dan peningkatan investasi.

“Hal lain yang akan dilakukan adalah pengembangan industri kecil dan menengah terhadap pemanfaatan sumber daya serta pembinaan industri kecil dan menengah dalam memperkuat jaringan klaster industri,” katanya.

Lukas menjelaskan masyarakat pencari kerja juga akan diberi pendidikan dan pelatihan keterampilan dan penyiapan tenaga kerja siap pakai.

“Sedangkan dalam rangka sukses ekonomi pada PON XX akan difokuskan pada pelatihan dan pendampingan para pelaku ekonomi kreatif,” katanya.

Dia menuturkan kini animo orang Papua berinvestasi sudah sangat besar, pasalnya banyak anak Papua sudah berpikir untuk berbisnis.

“Kemungkinan ini dipicu dari akumulasi pemberian dana yang lebih besar kepada kabupaten dan kota menggunakan pola hitungan 80-20,” katanya lagi.

Dia menambahkan tahun ini anggaran untuk bidang ekonomi naik sebesar 20 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya lima persen, di mana pengembangan ekonomi sudah ada perdasusnya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Papua Fokuskan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal