DPR Papua Menduga Oknum Aparat Keamanan Terlibat Ilegal Loging

share on:
Ketua Komisi IV DPR Papua, Boy Markus Dawir - Jubi/Arjuna
Ketua Komisi IV DPR Papua, Boy Markus Dawir – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Pihak DPR Papua menduga maraknya illegal loging di Papua tak lepas dari peran oknum aparat keamanan. Untuk itu pihak parlemen meminta gubernur setempat segera menandatangani nota kesepahaman (MoU) pengamanan hutan Papua bersama Kapolda, Pangdam, Danlanut, Danlantamal, serta semua pimpinan militer di Papua.

“Kami minta seperti itu sebab ada indikasi, banyak oknum aparat yang terlibat dalam proses permainan kayu ini. Ini agar semua pihak menjaga hutan Papua. Kalau ada oknum dari kesatuan tertentu terlibat, pimpinannya harus turun tangan menyelesaikan,” kata Ketua Komisi IV DPR Papua, Boy Markus Dawir, Kamis (9/4/2015).

Katanya, dengan cara begitu, negara juga mendapat keuntungan, Pemprov Papua dan kabupaten mendapat PAD, pengusaha dan rakyat Papua pemilik hutan dan kayu, juga dapat keuntungan.

“Semangat Gubenur untuk melindungi hutan Papua dan bidang lainnya, kami dukung penuh. Memang selama ini kendala Perdasi/Perdasus yang sudah disahkan terbentur ketika dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri,” ucapnya.

Menurutnya, mayoritas Perdasi/Perdasus yang sudah disahkan DPR Papua dianggap bertentantangan dengan aturan diatasnya, sehingga dikembalikan dan tak bisa terapkan. Namun lanjut dia, Gubernur Papua sudah menyatakan, Perdasi/ Perdasus yang sudah ditetapkan akan diterapkan tanpa menunggu konsultasi ke Jakarta.

“Semua ijin yang dikelurkan di Jakarta perlu diperiksa kembali. Jangan Jakarta mau enak sendiri, sementara hutan Papua habis. Kalau Jakarta mau ngotot mempertahankan Peraturan Menteri, ijin dari kementerian itu yang merusak hutan Papua,” katanya.

Pada suatu kesempatan anggota DPR Papua lainnya, Ruben Magai juga menduga ada oknum aparat keamanan yang terlibat dalam illegal loging di Papua. Katanya kala itu, hal tersebut bukan rahasia lagi. (Arjuna Pademme)

 

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPR Papua Menduga Oknum Aparat Keamanan Terlibat Ilegal Loging