FIM Siap Kawal Keputusan Komnas HAM Terkait Kasus Paniai

share on:
Suasana Demo Massa FIM di Depan Kantor Komnas HAM Perwakilan Papua, Selasa (7/4/2015) - Jubi/Arjuna
Suasana Demo Massa FIM di Depan Kantor Komnas HAM Perwakilan Papua, Selasa (7/4/2015) – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Forum Independen Mahasiswa (FIM) menyambut baik dan apresiasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI yang menyatakan kasus Paniai sebagai pelanggaran HAM berat. Dan FIM nyatakan siap mengkawal keputusan Komnas kedepannya.

“Kami siap kawal keputusan ini. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Komnas HAM yang sudah nyatakan kasus paniai sebagai kasus pelanggaran HAM berat yang dilakukan oleh negara,” kata Agus Kadepa, aktivis FIM kepada Jubi, Kamis (9/4/2015) di Jayapura.

Kata Kadepa, FIM meminta agar Komnas HAM libatkan semua pihak yang berkepentingan ketika melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

“Dengan begitu semua pihak bisa pantau. Dan dalam penyelidikan harus libatkan semua pihak. Termasuk NGO dan LSM. Sehingga penyelidikan bisa dilakukan secara independen. Untuk kasus ini pada prinsipnya FIM siap kawal,” kata Kadepa.

Sementara itu, Melianus Duwitau, koordinator FIM kepada Jubi mengatakan, keputusan Komnas HAM patut diapresiasi karena sudah diputuskan sesuai dengan apa yang FIM perjuangkan.

“Tetapi perjuangan tidak samlai di sini. FIM akan kawal terus sampai keluarga korban mendapat keadilan,” katanya.

Kata Duwitau, semua pihak diharapkan mengkawal kasus ini dalam proses penyelidikan hingga nanti pleno pada bulan Mei 2015 mendatang.

Seperti ditulis Jubi, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI usai sidang paripurna yang berlangsung selama dua hari (7-8 April 2015) mengumumkan menerima laporan Tim Kasus Paniai yang melakukan investigasi atas penembakan empat orang siswa di Enarotali, Paniai, 8 Desember tahun lalu.

“Menerima laporan Tim Paniai dan merekomendasikan untuk ditingkatkan menuju UU. 26 Tahun 2000 dengan tugas tim untuk melengkapi laporan serta persyaratannya (case matrix dan kajian hukum).” kata Dr. Maneger Nasution, ketua tim Kasus Paniai dihadapan puluhan mahasiswa asal Papua dan simpatisan lainnya, Rabu (8/4/2015) malam. (Arnold Belau)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  FIM Siap Kawal Keputusan Komnas HAM Terkait Kasus Paniai