Ini Program Prioritas DAP Wilayah MEE-PAGO

share on:
Ketua Dewan Adat Wilayah (DAW) MEE PAGO, Marko Oktovianus Pekei. Ist
Ketua Dewan Adat Wilayah (DAW) MEE PAGO, Marko Oktovianus Pekei. Ist

Nabire, Jubi – Ketua Dewan Adat Wilayah (DAW) MEE PAGO, Marko Oktovianus Pekei mengatakan ada beberapa hal yang menjadi skala program prioritas selama dirinya memimpin di  Adat Wilayah MEE PAGO.

Program prioritas yang paling pertama ialah  menata masyarakat adat yang didalamnya membenahi struktur dewan adat yang ada. “Mulai dari Dewan Adat Wilayah sampai Dewan Adat Dusun mesti dibenahi secara serius. Agar komunikasi maupun koordinasi antara pengurus Dewan Adat bisa berjalan dengan lancar,” kata Marko Oktovianus Pekei, di Wonorejo, Distrik Nabire, Papua, Rabu (9/4).

Langkah kedua yang DAW akan lakukan lanjut Marko, membangun penyadaran kepada masyarakat dan membangun mental yang mana selama ini masyarakat bergantung kepada pihak lain supaya masyarakat sendiri berfikir  untuk menata dirinya.

“Banyak aspek DPW bersama dewan adat yang mesti membangun pemahaman. Seperti aspek ekonomi yang mana sementara sedang dikuasai di tingkat produksi pangan lokal hingga pemasaran oleh orang non Papua,” ujarnya.

Ia menuturkan masyarakat adat tetap berperan menjaga  keamanan dan ketertiban mulai dari diri sendiri, kompleks, dusun maupun satu wilayah adat itu sendiri. Agara masyarakat sendiri berperan dalam amankan daerah adat masing-masing.

“Terkait dengan keamanan ketertiban ini tidak mungkin orang luar datang mengatur di wilayah adat makanya masyarakat sendiri berperan penting dalam mengamankan daerah itu sendiri,” katanya.

Ruben Edowai, Mantan Ketua DAP Wilayah Mee-Pago mengajak semua komponen masyarakat adat yang ada di Mee-Pago agar mendukung dalam pelaksanaan program prioritas yang akan dilakukan oleh ketua terpilih.

“Tugas dan tanggungjawab ini merupakan amanah dari masyarakat adat di wilayah  Mee-Pago untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk bergandengan tangan mendukung program-program ketua terpilih ini,”Ungkap Ruben Edowai, di wonorejo, distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Papua.

Sebelumnya Marko Oktovianus Pekei terpilih menjadi Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah Mee-Pago melalui konferensi II masyarakat adat wilayah VII (Mee-Pago) yang digelar di Balai Aweida, Karang Tumaritis, Nabire, Papua, Sabtu (28/03/2015). (Madai)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ini Program Prioritas DAP Wilayah MEE-PAGO