Dampak Pembatasan Rapat di Luar Kantor, Hunian Hotel di Jayapura Turun 50 Persen

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mendorong seluruh angggotanya untuk mendekati kembali pemerintah daerah setelah dengan peraturan terbaru Menpan RB membolehkan instansi pemda menggelar rapat di hotel.

“Dengan adanya pemberian izin kembali setiap instansi menggelar rapat di hotel, maka kami mengarahkan informasi tersebut kepada seluruh pengelola hotel di Papua dan mendorong mereka untuk menarik kembali konsumennya dari pemerintah daerah,” kata Ketua PHRI Provinsi Papua, Sahril Hasan, di Jayapura, Jumat (10/4/2015).

PHRI, katanya, merasakan dampak dari peraturan lama, tetapi pada 1 April terbit Peraturan Menpan-RB Nomor 6 tahun 2015 tentang Pembatasan Pertemuan atau Rapat di Luar Kantor, rapat di hotel dibolehkan dengan persyaratan tertentu.

Diakuinya, setelah Kemenpan-RB mengeluarkan aturan yang melarang instansi pemerintahan menggelar rapat diluar kantor sejak 1 Desember 2014, tingkat hunian dan penggunaan ruang rapat di hotel menurun drastis.

“Dengan adanya pelarangan itu kami dari pihak perhotelan memang mengalami penurunan tingkat hunian yang sangat drastis, angkanya dari 40 sampai 50 persen,” katanya.

Sahril mengatakan bahwa perhotelan di Provinsi Papua masih sangat ketergantungan terhadap pemerintah sebagai pangsa pasar utamanya.

“Memang di Papua ini konsumen hotel masih dominan dari pemerintahan. Pemerintahan 50 persen, swasta 30 persen dan pengusaha 20 persen,” katanya.

Diyakininya, setelah Kemenpan-RB mengeluarkan aturan baru tersebut, maka tingkat hunian perhotelan di Papua angkanya akan kembali meningkat.

“Sekarang setelah tidak ada pelarangan ini pasti akan mempengaruhi tingkat hunian lagi,” ucapnya.

PHRI Papua, kata Sahril, menyarankan setiap pengelola hotel untuk turun langsung ke instansi pemerintahan untuk menyosialisasikan aturan Menpan-RB tersebut.

“Tiap hotel ‘kan punya bagian pemasaran. Mereka sendiri yang akan melakukan sosialisasi ke instansi-intansi,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dampak Pembatasan Rapat di Luar Kantor, Hunian Hotel di Jayapura Turun 50 Persen