DPR Papua Ingatkan Pemprov ‘Kawal’ Dana Desa

share on:
Ketua Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni - Jubi/Arjuna
Ketua Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Pihak Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengawal dana bantuan desa dari pemerintah pusat yang diberikan kepada setiap desa atau kampung.

Ketua Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni mengatakan, pengalaman selama ini,ketika ada bantuan dana untuk desa atau di Papua lazim disebut kampung, baik dari pemerintah pusat, provinsi, atau kabupaten/kota, anggaran itu ‘hilang’ di tengah jalan.

“Jangan sampai dana bantuan dari pemerintah pusat untuk desa atau di Papua disebut kampung, tak sampai ke aparat kampung, atau manfaatnya tak dirasakan masyarakat kampung,” kata Elvis Tabuni, akhir pekan lalu.

Menurutnya, tujuan dana bantuan desa dari pemerintah pusat yang kata dia nilainya kurang lebih Rp 1 miliar tersebut, untuk membangun dan mengembangkan potensi yang ada di desa.

“Pengalaman selama ini, dana Respek saja banyak ‘hilang di jalan’. Tak sampai ke kampung. Jadi gubernur harus mengontrol bupati, bupati mengontrol kepala distrik, kepala distrik mengontrol kepala kampung untuk penggunaan dana itu. Jangan sampai dana itu sudah diberikan pemprov ke pemkab, pemkab ke distrik, tapi tak sampai ke kampung. Atau kalau sampai, nilainya sudah kurang. Ini yang harus diawasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Boediarso kepada wartawan di Jakarta mengatakan, dana desa akan dibagikan secara bertahap. Pada April ini, dana yang akan diberikan kepada setiap desa hanya 40 persen dari pagu anggaran yang harusnya didapat. Pada Juli dikucurkan lagi 40 persen, dan Oktober 20 persen.

“Penyalurannya secara bertahap karena ini merupakan pertama kalinya pemerintah mengalokasikan anggaran dana desa. Jadi dengan begitu pemerintah bisa mengevaluasi. Kalau memang ada desa yang menyimpang atau tidak sesuai, bisa saja kami tidak kucurkan lagi dana desanya,” kata Boediarso kala itu. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPR Papua Ingatkan Pemprov ‘Kawal’ Dana Desa