Gubernur : Mungkin Saya Punya Pimpinan SKPD Tidak Suka Dengan Saya

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe. Jubi/Alex
Gubernur Papua, Lukas Enembe. Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Di dua tahun kepemimpinanya, Gubernur Lukas Enembe mengatakan mungkin saat ini pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkup Pemerintah Provinsi tidak suka dengan dirinya, lantaran tidak bisa lagi mengelola anggaran yang besar seperti tahun tahun sebelumnya.

“Mungkin saya punya pimpinan SKPD sekarang mereka tidak senang karena tidak kelola apa apa, hanya dana rutin saja. Jelas ini beda dengan tahun sebelumnya, dimana satu dinas bisa kelola anggaran 300 hingga 400 miliar. Namun dibawah kepemimpinan saya tidak,” kata Lukas Enembe, di Jayapura, Papua, Minggu (12/4/2015).

Ia menjelaskan, Undang-Undang 21 Tahun 2001 memang memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada pemerintah provinsi Papua. Namun otonomi sepenuhnya ada di kabupaten dan kota. “Oleh karena itu, kalau kita lihat struktural kebijakan fiskal semua berbeda dengan tahun tahun sebelumnya,” ucapnya.

Untuk itu, ujar Enembe, di era kepemimpinannya bupati dan wali kota dipercayakan melaksanakan tugas di daerahnya dengan tingkat kesulitan, keterbatasan sumber daya manusia dan anggaran. Tetapi mereka mampu melaksanakan tugas untuk membawa keluar masyarakat Papua dari persoalan klasik. “Itu yang paling penting,” katanya.

Enembe menilai, dua tahun tidak cukup untuk menilai kepemimpinan gubernur. Bahkan empat atau lima tahunpun belum tentu juga. “Untuk itu, kita sepakat kalau membangun Papua itu harus dengan hati, kejujuran, komitmen yang jelas dan berpihak kepada masyarakat Papua,” kata Enembe.

Dia mengakui, meskipun saat ini telah banyak terjadi pergeseran-pergeseran, tetapi itu belum cukup karena Papua berbeda dengan provinsi provinsi lain yang ada di Indonesia.

Disamping itu, harapan dan keinginan rakyat Papua cukup banyak. Kalaupun para bupati dan wali kota bekerja keras itu sesuai dengan kemampuan, karena rata-rata dana yang diberikan sangat kecil dan tidak mampu menjawab semua keinginan mengingat tingkat kesulitan yang sangat luar biasa.

“Lima tahun itu waktu yang sangat singkat, untuk itu mari bekerjasama mendorong pemimpin pemimpin untuk kita bangun. Kalau dalam lima tahun kita sudah saling ribut, berkelahi antara masyarakat dengan pemimpin, DPR dengan bupati pasti daerah itu tidak akan maju,” kata Enembe. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur : Mungkin Saya Punya Pimpinan SKPD Tidak Suka Dengan Saya