Deerd Tabuni: Pekerja Tanjung Elmo Sebaiknya Dipulangkan

share on:
Anggota DPR Papua, Deerd Tabuni - Jubi/Arjuna
Anggota DPR Papua, Deerd Tabuni – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Rencana Pemerintah Kabupaten Jayapura menutup lokalisasi Tanjung Elmo, Distrik Sentani Timur mendapat dukungan dari anggota DPR Papua, Deerd Tabuni. Katanya, jika lokalisasi itu sudah resmi ditutup, sebaiknya para pekerjanya dipulangkan ke kampung halaman masing – masing.

“Jangan sampai mereka nantinya menyebar ke wilayah lain di Papua. Kalau itu terjadi, saya khawatir mereka menyebarkan penyakit ke wilayah lain,” kata Deerd Tabuni, Selasa (14/4/2015).

Menurutnya, jika perlu, sebelum dipulangkan para pekerja tersebut didata, dan data itu diberikan kesetiap pemerintah kabupaten/kota di Papua, agar mereka bisa memantau ketika ada diantara mereka yang masuk ke kabupaten lain.

“Jangan sampai mereka menyebarkan penyakit di wilayah lain di Papua. Jangan lagi ada dititp – titip di tempat lain misalnya di panti pijat dan lainnya. Bahkan ketika dipulangkan, jika perlu diundang lembaga adat, MRP, DPRP, Dinas kependudukan dan Dinas Sosial kabupaten dan provinsi untuk menyaksikan pemulangan mereka,” ucapnya.

Sebelumnya, pengelolah Tanjung Elmo, Tosan mengatakan, rencana Pemerintah Kabupaten Jayapura menutup lokasi itu tak menyelesaikan masalah. Ia berpendapat, hal itu keliru karena ada ratusan orang yang akan kehilangan mata pencaharian mereka.

“Kalau sampai mereka kehilangan pekerjaan seperti saat ini, siapa yang bertanggung jawab. Tanjung Elmo bukan sekedar tempat prostitusi, tetapi juga ada banyak pekerja masyarakat lokal yang bekerja di Tanjung Elmo. Ada sejumlah pekerjaan yang diberikan tanggung jawab kepada mereka seperti tukang loundry, security, supir rental, pedagang kaki lima dan lain sebagainya, hal – hal ini perlu dipertimbangkan,” kata Tosan kala itu. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Deerd Tabuni: Pekerja Tanjung Elmo Sebaiknya Dipulangkan