Fiji Times Pertahankan Laporannya dari Tudingan Bainimarama

share on:
Koran Fiji Times - IST
Koran Fiji Times – Victor Mambor

Jayapura, Jubi – Fiji Times mempertahankan laporan jurnalitik mereka yang berisi komentar oleh oposisi parlemen. Fiji Times mengatakan kebebasan pers dan hak untuk menyampaikan informasi tercantum dalam konstitusi Fiji.

Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama telah menuduh Fiji Times berusaha untuk memajukan kepentingan politiknya sendiri dengan menulis komentar dari pemimpin oposisi Ro Teimumu Kepa tentang asrama yang dikelola pemerintah.

Pemimpin Redaksi Fiji Times, Fred Wesley mengatakan komentar yang dibuat oleh oposisi bukanlahpendapat Fiji Times. Dia menambahkan, baik pemerintah dan oposisi memiliki hak untuk didengar.

“Dalam 146 tahun sebagai perusahaan surat kabar, Fiji Times telah dituduh berkali-kali oleh politisi dari semua sisi yang memiliki agenda politik. Tapi kami melihat tugas kami untuk memberikan pembaca kami informasi dari semua sisi politik sehingga mereka dapat memutuskan pandangan mereka sendiri , terhadap masalah yang terjadi,” kata Fred Wesley kepada Jubi, Rabu (15/4/2015).

Sementara itu, Menteri Pendidikan Fiji, Dr Mahendra Reddy membela kebijakannya yang dikritik di Fiji Times. Menurutnya, kebijakannya itu untuk memungkinkan siswa pedesaan bisa tinggal di asrama di tiga perguruan tinggi besar di negara tersebut.

Ro Teimumu Kepa, pemimpin Oposisi dan presiden asosiasi alumni persekolahan di Fiji mengatakan tidak ada konsultasi atas kebijakan ini dan langkah ini dirancang untuk melemahkan masyarakat iTaukei.

Namun perdana menteri, Frank Bainimarama, mengatakan komentar oposisi ini sangat tidak perlu dan bertujuan memecah belah negara tersebut.

“Anda tidak membutuhkan konsultasi untuk mengatakan, kami ingin memberikan anak-anak anda fasilitas asrama agar tidak putus sekolah. Apa yang perlu dikonsultasikan untuk hal ini?” kata Menteri Pendidikan Fiji, Dr Mahendra Reddy membela kebijakannya, seperti dikutip Fiji Times. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Fiji Times Pertahankan Laporannya dari Tudingan Bainimarama