Niue Tingkatkan Ekspor Keladi

share on:
Keladi merah muda dari Niue. Foto: Facebook/RNZ
Keladi merah muda dari Niue. Foto: Facebook/RNZ

Jakarta, Jubi – Selain pariwisata bahari dan keindahan kepulauan, Pemerintah Niue kembali menghidupkan ekonomi pertanian penduduk untuk meningkatkan ekonomi negara pulau tersebut. Pemerintah bekerjasama dengan perusahaan lokal kecil dalam meningkatkan ekspor kelapa dan talas atau di Papua disebut keladi ke Selandia Baru.

Laporan Radio New Zealand menyebutkan, ekspor keladi dan kelapa ke Selandia Baru telah menyusut dalam beberapa tahun terakhir setelah pariwisata menjadi fokus pembangunan ekonomi negara tersebut.

Brendon Pasisi, Kepala Karantina dan Direktur Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, mengatakan pihaknya telah melakukan ekspor pertama dengan angkutan udara keluar pada pekan lalu.

Pasisi mengatakan, pada tahap ini, pihaknya hanya mengekspor dalam jumlah kecil namun tidak menutup kemungkinan permintaan akan keladi asal Niue yang diklaim paling unggul di kawasan Pasifik ini akan meningkat. Pasalnya, keladi merah muda dari Niue memiliki daya tarik di Selandia Baru, negara di mana sebagian besar penduduk Niuean hidup.

“Saya tidak berpikir itu rahasia apa pun bahwa keladi Niue, jika bukan yang terbaik, merupakan satu di antara negara-negara lain yang terbaik di Pasifik. Kami berusaha untuk menggunakan keunggulan kompetitif untuk mengambil beberapa keladi keluar dari sini,” kata Brendon Pasisi kepada Radio New Zealand, Rabu (15/4/2015). (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Niue Tingkatkan Ekspor Keladi