Pemkot Jayapura Dukung Pelindo Perluas Pelabuhan

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Pemerintah Kota Jayapura mendukung rencana PT Pelindo Cabang Jayapura memperluas pelabuhan laut di wilayah ini, kata Wakil Wali Kota Jayapura H Nuralam di Jayapura, Rabu (15/4/2015).

Ia mengatakan pihaknya sudah menggelar pertemuan dengan PT Pelindo untuk membicarakan rencana perluasan pelabuhan laut Jayapura.

Nuralam mengatakan pertemuan antara pemerintah kota dan Pelindo sudah dilakukan pada Senin (13/4/2015).

Nuralam yang juga salah seorang dosen Fakultas Ekonomi Universitas Cenderawasih Jayapura itu menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat permohonan PT Pelindo tentang rekomendasi induk Pelabuhan Kota Jayapura.

“Pertemuan itu intinya adalah mempersiapkan rekomendasi karena hasil itu akan menjadi acuan oleh Pelindo untuk menambah/pelebaran di dalam pelabuhan itu dan sesuai gambar yang diperlihatkan, ada bangunan lama yang akan diganti,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa pelebaran pelabuhan yang rencana dilakukan itu ke arah laut dan diharapkan ada rekomendasi dari Pemerintah Kota Jayapura segera diberikan karena pelebaran pelabuhan itu sangat mendesak dan bisa dilihat belakangan ini area untuk menampung petikemas tidak memenuhi sehingga Pelindo harus menyewa lahan di luar.

General Menager Of Jayapura Branch Jusuf Junus di Jayapura, Selasa (14/4/2015) mengemukakan pelebaran pelabuhan itu dikarenakan tingkat arus masuk keluarnya barang di pelabuhan Jayapura terus meningkat.

PT Pelindo Cabang Jayapura berencana merehab atau memperluas pelabuhan lautnya guna mengantisipasi arus masuk barang terus meningkat.

“Barang yang masuk di atas 90 persen semua lewat pelabuhan dari semua komoditi barang yang masuk ke Kota Jayapura,” kata Junus.

Junus mengatakan, hingga kini pihaknya melayani kurang lebih 13-16 kabupaten dan kota dengan demikian kota harus mempu membuat pelabuhannya memenuhi syarat. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkot Jayapura Dukung Pelindo Perluas Pelabuhan