Laporan: Pengungsi Nauru Akan Kembali ke Kamboja Pekan Depan

share on:
Protes anak-anak pengungsi di Nauru. Foto: www.radionz.co.nz
Protes anak-anak pengungsi di Nauru. Foto: www.radionz.co.nz

Jakarta, Jubi – Sekelompok pengungsi di Nauru diharapkan akan diterbangkan ke Kamboja pada awal pekan depan sebagai bagian dari kesepakatan ulang dalam mendapatkan pemukiman yang kontroversial.

Laporan media Australia, Sydney Morning Herald mengatakan, sebanyak 10 orang pengungsi diyakini telah sepakat untuk meninggalkan harapan awal mereka tinggal di Australia, dan melakukan perjalanan kembali ke Phnom Penh.

Sebuah surat yang beredar di kalangan pengungsi di Nauru mengatakan penerbangan pertama tersebut akan dilakukan pada Senin, 19 April 2015, dan memberikan mereka kesempatan untuk hidup di negara yang aman, bebas dari penganiayaan dan kekerasan.

Surat itu mengatakan, para pengungsi akan ditampung di apartemen yang dilayani pada saat kedatangan mereka, sebelum manajer kasus menemukan perumahan untuk jangka panjang.

Surat kabar itu melaporkan, kelompok pertama yang telah teridentifikasi untuk naik ke pesawat diyakini dari beberapa keluarga.

Kendati demikian, Koalisi Aksi Pengungsi kepada Radio New Zealand, edisi Kamis (16/4/2015) mengatakan, hingga saat ini tidak ada bukti tentang identitas pengungsi yang mau dipulangkan, pasalnya para pengungsi masih keras pada pendiriannya untuk ke Australia, negara yang diyakini dapat memberikan kehidupan yang lebih baik. Selain itu, menurut Koalisi Aksi Pengungsi ini juga, belum ada informasi jelas tentang pesawat yang telah disewa. (Yuliana Lantipo)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Laporan: Pengungsi Nauru Akan Kembali ke Kamboja Pekan Depan