Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Meningkat

share on:
Kasat Intelkam Polres Mimika, AKP Tonni Upuya (Jubi/Istimewa/Alberth)
Kasat Intelkam Polres Mimika, AKP Tonni Upuya (Jubi/Istimewa/Alberth)

Timika, Jubi – Sejak pindah pada 25 Maret 2015 lalu ke Kantor DPRD Mimika lama di bilangan Cenderawasih, Unit Pelayanan pada Satuan Intelkam Polres Mimika mengalami peningkatan pelayanan, terutama dalam pelayanan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Kepala Satuan Intelkam Polres Mimika, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Tonni Upuya menyatakan, Kepindahan ke kota semakin meningkatkan pelayan publik kepada masyarakat

“Sambil menunggu hibah dari Pemkab dan sesuai perintah Kapolres untuk meningkatkan layanan publik, kami lakukan pemindahan unit pelayanan ini agar dapat menjangkau masyarakat,” ujar Tonni Upuya, di Timika, Sabtu (18/4/2015).

“Banyak masyarakat yang merasa sangat kesulitan sekali dengan jarak, selain itu mereka sering mengeluh dengan biaya yang harus dikeluarkan selama mengurus SKCK, ada juga yang mengurusnya hingga dua tiga hari,” ucapnya.

Selama tiga minggu ini, antusias masyarakat dalam mengurus surat sangat tinggi, sebab dari biasanya hanya 10 hingga 30 berkas, kini mencapai 50 lebih.”

Upaya peningkatan pelayanan publik dengan cara pindah ke pusat kota ini juga merupakan upaya dalam mengubah paradigma Kepolisian Republik Indonesia yang pada masa sekarang ini menjadi bagian integral dalam pelayanan masyarakat. Serta berorientasi kepada kepentingan masyarakat.

Ardi Lukman, salah seorang warga, Ardi Lukman menyatakan, dirinya merasa dimudahkan dengan kehadirian Unit Pelayanan Polres Mimika di Kantor DPRD lama.

“Pengurusan ini juga sangat bermanfaat untuk kami sebab, SKCK ini mempermudah kami dalam mengurus berbagai persyaratan yang kami butuhkan untuk melamar kerja,” ujarnya.

“Lebih cepat dan lebih efisien dibanding saat mengurus SKCK di Mile 32 karena pengurusan berkasnya sudah satu kali dengan pembuatan cap jari di Reskrim yang sama-sama pindah ke Kantor DPRD lama,” ujarnya. (Eveerth Joumilena)

Editor : Angela
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Meningkat