DPRP Berharap Jembatan Holtekham Tuntas Sesuai Target

share on:
Sekretaris Komisi IV DPR Papua, Sinut Busup - Jubi/Arjuna
Sekretaris Komisi IV DPR Papua, Sinut Busup – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Pihak DPR Papua berharap, pembangunan Jembatan Holtekham, Kota Jayapura bisa tuntas sesuai target, atau sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2020 mendatang.

Sekretaris Komisi IV DPR Papua, Sinut Busup mengatakan, jika ada masalah hak ulayat, Pemerintah Kota Jayapura perlu duduk bersama para ondoafi dan pemilik ulayat membicarakan masalah pelepasan tanah hak adat, agar pembangunan jembatan berjalan baik.

“Pengerjaan Jembatan Holtekham itu harus jalan karena jembatan itu adalah jalan penghubung ke negara tetangga, Papua Nugini (PNG). Nantinya itu akan jadi aset orang Papua,” kata Sinut Busup, Selasa (21/4/2015).

Menurutnya, Kota Jayapura adalah icon di Papua, untuk itu, pembangunan harus maksimal. Meski tak menyebut jumlah angggaran, namun kata dia, pembangunan jembatan itu sudah dianggarkan. Hanya saja lanjut dia, ada informasi yang menyebut, dana itu dikembalikan ke kas negara.

“Tapi apakah anggaran tersebut betul dikembalikan ke kas negara atau tidak. Kalau Papua jadi tuan rumah PON, infrastruktur darat dan udara harus tersedia. Ini kan orang dari luar pasti akan datang dan mereka akan melihat sejauh mana pembangunan di Papua,” ucapnya.

Pada suatu kesempatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Papua, Maikel Kambuaya mengatakan, proyek jembatan itu merupakan pekerjaan multi year selama lima tahun, terhitung sejak 2014 lalu. Diperkirakan, akan menghabiskan dana kurang lebih Rp. 900 miliar.

Pada 2014 lalu, Pemerintah Provinsi Papua menganggarkan Rp. 60 miliar untuk pembangunan jembatan tersebut.

“Pemerintah Kota Jayapura juga kami minta menyiapkan dana untuk pembayaran hak ulayat. Anggaran pembangunan jembatan dibagi dalam tiga segmen. Segmen besar ditalangi APBN, menengah ditangani APBD provinsi dan segmen kecil APBD Kota Jayapura. Jembatan ini panjangnya 600 meter,” kata Maikel kala itu. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRP Berharap Jembatan Holtekham Tuntas Sesuai Target