Tiga Kali Dipotong, Penanaman Ke Anakan Pohon di Atas Trotoar Dilakukan Kembali

share on:
anakan pohon
Pohon yang ditanam di atas trotoar di sepanjang Jalan Brawijaya-Merauke. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Setelah tiga kali gagal anakan pohon yang ditanam di atas trotoar di sepanjang Jalan Brawijaya akibat ditebas dan atau dipotong oleh warga tertentu, kini penanaman kembali dilakukan petugas dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Merauke. Penanaman kali ini dilakukan dengan pemagaran menggunakan kawat besi.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Merauke, Efendi Kanan saat ditemui Jubi diruang kerjanya Selasa (21/4/2015) mengatakan, kegiatan penanaman anakan pohon jenis mahoni, dilakukan kembali di atas trotoar sepanjang Jalan Brawijaya. “Memang penanaman ini untuk keempat kalinya. Setelah tiga kali gagal ditanam, namun dipotong oleh orang tak bertanggungjawab,” ujarnya.

Diakui jika jumlah yang ditanam adalah kurang lebih 150 anakan pohon. Tahap awal dilakukan di sepanjang Jalan Brawijaya. Tetapi kedepan, akan dilakukan di ruas jalan lain termasuk di sepanjang Jalan Raya Mandala. “Salah satu langkah yang kita lakukan adalah penanaman sambil dipagari dengan besi. Tujuannya agar orang tidak bisa mencabut atau memotong dengan parang ketika sudah tumbuh,” katanya.

Nantinya, lanjut Efendi, setelah 150 pohon yang ditanam di sepanjang Jalan Brawijaya berhasil baik, maka kawat yang ada, dapat diangkat dan dipindahkan untuk ditempati di lokasi baru jika ada penanaman anakan lagi. “Ya, kita ujicoba sambil melihat beberapa bulan kedepan. Kalau masyarakat ikut menjaga dan merawat anakan pohon, maka tentunya penanaman akan dilanjutkan terus,” tuturnya.

Dijelaskan, sebenarnya anakan pohon yang di tanam di atas trotoar itu, sudah dan sering dilakukan di kota-kota besar. Sehingga coba untuk dipraktekan dan atau diterapkan di Kabupaten Merauke. Karena itu sangat bermanfaat untuk penghijauan serta memperindah wilayah kota dan sekitar.

Efendi menyadari jika dalam penanaman pertama sampai ketiga kali, kurang ada sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat tentang manfaatnya. “Ya, kita berharap agar dengan penanaman kembali 150 anakan pohon di atas trotoar itu, masyarakat bisa ikut menjaga dan merawat dengan baik,” pintanya.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka beberapa waktu lalu mengatakan, dengan penanaman pohon di atas trotoar, justru memberikan manfaat sangat besar. “Kalau kita ke luar negeri, justru di sepanjang jalan di atas trotoar, terdapat pohon yang ditanam dan dijaga serta dirawat baik,” ungkapnya. (Frans L Kobun)

 

Tags:
Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiga Kali Dipotong, Penanaman Ke Anakan Pohon di Atas Trotoar Dilakukan Kembali