Pemprov Diingatkan Seriusi Pasar Mama-Mama Papua

share on:
Pasar Sementara Mama - Mama Papua di Jalan Percetakan, Kota Jayapura - Doc.Jubi
Pasar Sementara Mama – Mama Papua di Jalan Percetakan, Kota Jayapura – Doc.Jubi- 

Jayapura, Jubi – Pihak DPR Papua mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, menseriusi pembangunan pasar permanen mama – mama pedagang asli Papua. Pembangunan pasar yang direncanakan sejak beberapa tahun lalu, namun hingga kini tak kunjung terwujud.

Sekretaris Panitia Kerja (Panja) DPR Papua, Deerd Tabuni mengatakan, rencana pembangunan pasar itu sudah masuk sejak kepemimpinan Gubernur Barnabas Suebu, Penjabat Gubernur, Syamsul Arief, Constan Karma, dan kini Gubernur Lukas Enembe.

“Kami harap dimasa kepemimpinan gubenur kini, beliau benar – benar memperhatikan pembangunan pasar mama – mama Papua. Masyarakat kini butuh bukti,” kata Deerd Tabuni, Rabu (22/4/2015).

Menurut Ketua Komisi II DPR Papua itu, pembangunan pasar itu penting, agar mama -mama pedagang Papua bisa maju seperti masyarakat lain. Katanya, Panja pasar mama – mama Papua yang dibentuk DPRP, bertugas berkoordinasi dengan Pemprov setempat, dan pihak terkait lainnya. Tujuannya, mengetahui sejauh mana persiapan pembangunan pasar itu.

“Kalau sudah ada lahan, saya pikir tak ada masalah lagi untuk pembangunan. Jangan ada alasan lagi tak membangun pasar mama – mama,” ucapnya.

Pada suatu kesempatan, Kepala bidang Cipta Karya dan Air Bersih Dinas PU Papua, Yan Ukago mengatakan, pembangunan pasar mama-mama Papua akan melibatkan Tim Pokja Papua. Hal itu sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Mengenai desain, kami masih memakai desain lama dan diharapkan dalam tahun ini tahapan pembangunan pasar mama-mama Papua sudah bisa dilakukan, karena Presiden berharap tahun ini pembangunannya rampung,” kata Yan Ukago kala itu.

Hanya saja menurut dia, pihaknya belum mengetahui pasti besaran anggaran pembangunan pasar, karena anggaran langsung dari pemerintah pusat. Pihak Dinas PU Papua hanya ditugaskan menyiapkan lahan sementara untuk lokasi bus Damri. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Diingatkan Seriusi Pasar Mama-Mama Papua