2017, BP2KP Target Peletakan Batu Pertama Kereta

share on:
Kepala Badan Percepatan Pembangunan Kawasan Papua, Omah Laduani Ladamay -  Jubi/Alex
Kepala Badan Percepatan Pembangunan Kawasan Papua, Omah Laduani Ladamay – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Kepala Badan Percepatan Pembangunan Kawasan Papua (BP2KP) Omah Laduani Ladamay menargetkan 2017, pemerintah Pusat sudah bisa melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalur kereta api di provinsi Papua.

“Tahun ini Pemerintah Pusat dan Papua akan memulai kajian tahap awal pembangunan kereta api di Papua. Untuk itu, kami harapkan peletakan batu pertama bisa dilakukan pada 2017,” kata Omah Laduani Ladamay, di Jayapura, Kamis (23/4/2015).

Menurut ia, pemerintah Pusat telah memiliki gambaran soal pembangunan jalur rel kereta api di Papua, tetapi sesuai arahan Gubernur Papua, Lukas Enembe pembangunan jalur kereta harus dari Jayapura.

“Kalau program pembangunan jalur rel kereta api pemerintah pusat dari Sorong-Manokwari-Nabire-Sarmi dan Jayapura, kemudian dari Nabire tembus ke Timika, sementara kita ingin dorong jalur dari Jayapura-Sarmi kalau bisa dibangun duluan,” ucapnya.

Oleh karena itu, langkah pertama yang akan dilakukan adalah menyelesaikan studi kelayakan, Amdal dan penyelesain tanah milik masyarakat, yang nantinya akan di lalui jalur rel keterata api.

“Kenapa Papua pilih transportasi kereta api ? karena Papua ini sangat luas tiga kali pulau Jawa, dan
angkutan moda transportasi yang paling efisien adalah kereta api, dan kalau tidak rencanakan dari sekarang, kapan lagi dan Papua akan tertinggal dan harga barang akan semakin tinggi,” katanya.

Untuk itu, pembangunan kereta api di Papua harus kita dorong. “Kita harus mulai dari sekarang, Jawa saja bangun rel kereta api tahun 80-an, dan kereta api sekarang di jawa bisa dilalui semua daerah. Papua juga pasti bisa,” kata Ladamay.

Sebelumnya. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan Kementerian Perhubungan telah menargetkan sekitar tahun 2017, minimal sudah ada satu ruas kereta api di Papua.

“Itu target dari kementerian. Kan kita sudah bilang kalau menterinya ahli kereta api, tunggu menteri siapa lagi. Makanya Kementerian komit untuk masuk ke Papua dan dibangun,” kata Yusuf Yambe Yabdi, Senin (23/2/2015). (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  2017, BP2KP Target Peletakan Batu Pertama Kereta