Gubernur Tandatangani Pembangunan Smelter dengan Felix Gold Tiongkok

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Perusahaan “Felix Gold” dari Tiongkok, dipastikan akan membangun pabrik penguraian tembaga (smelter) di Timika, Papua.

Kepastian itu setelah Gubernur Papua Lukas Enembe menandatangani kerjasama dengan Felix Gold, yang diwakili CEO Bao Dong Bin di Tiongkok, Kamis (23/4), kata Kepala Dinas Pertambangan Papua Bangun Manurung, , Kamis (23/4/2015).

Dikatakan, penandatangan kerja sama yang disaksikan beberapa bupati yang wilayahnya masuk dalam kawasan operasional PT Freeport.

Sebelum menandatangi perjanjian kerja sama, pihaknya terlebih dahulu sudah meninjau pabrik smelter milik group itu yang berada di Provinsi An Hui, kata Manurung.

Menurutnya, dari laporan yang diterima saat peninjauan di pabrik smelter milik Felix Gold terungkap pabrik tersebut setiap harinya mengolah 1000 ton konsentrat.

Ketika ditanya tentang besarnya investasi yang akan ditanamkan perusahaan asal tirai bambu itu, Bangun Manurung mengaku belum dapat memastikan.

“Hingga saat ini belum diketahui berapa nominal investasi yang akan ditanamkan,” kata Kadin Pertambangan Papua, Bangun Manurung.

Pemprov Papua bersama Pemkab Mimika saat ini sudah menyediakan lahan seluas 1.000 hektare untuk dijadikan kawasan industri termasuk pabrik smelter di sekitar Poumako, Timika. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Tandatangani Pembangunan Smelter dengan Felix Gold Tiongkok