Kemenag Bojonegoro Segera Sosialisasikan BPIH

share on:

Bojonegoro, Jubi/Antara – Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro segera mensosialisasikan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) yang sudah ditetapkan Pemerintah sebesar 2.717 Dolar Amerika Serikat atau setara Rp 33.962.500, kepada calon jamaah haji (CJH) setempat.

“Tapi sosialisasi BPIH kami lakukan setelah memperoleh penetapan secara resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) atau Kanwil Kemenag Jawa Timur,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Bojonegoro Wachid Priyono, di Bojonegoro, Kamis (23/4/2015).

Saat ini, ia menyatakan belum menerima pemberitahuan dari Kemenag atau Kanwil Kemenag Jawa Timur, soal penetapan BPIH.

“Kami sendiri tahu soal besarnya BPIH tahun ini dari media masa,” ucapnya.

Meski demikian, ia memperkirakan CJH memperoleh waktu sebulan untuk melunasi BPIH, yang akan dimulai pertengahan Mei.

“Biasanya CJH diberi waktu sebulan untuk melunasi BPIH,” katanya.

Yang jelas, menurut dia, BPIH yang ditetapkan sekitar Rp 34 juta itu, lebih murah dibandingkan BPIH tahun lalu yang besarnya mencapai Rp 39,4 juta.

Soal paspor CJH di daerahnya, katanya, semuanya sudah jadi dan diambil dari Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak, Surabaya, sehari lalu.

Sesuai data, lanjut dia, CJH di daerahnya yang memproses pembuatan paspor sebanyak 1.080 CJH dan 60 CJH tidak ikut dalam pembuatan paspor, karena sudah memiliki paspor.

“Ada enam CJH yang batal berangkat, disebabkan meninggal dunia dan satu CJH sakit stroke, sehingga batal berangkat,” katanya.

Ia menyebutkan enam CJH yang meninggal dunia yaitu Mukti, penduduk Desa Kenep, Kecamatan Balen, Marsudi, Desa Bungur, Kecamatan Kanor, dan Suwaji, Desa Tegalkodo, Kecamatan Sukosewu.

Selain itu, Munadi, penduduk Desa Ngemplak, Kecamatan Baureno, Rabu, Desa Brangkal, Kecamatan Kepohbaru, dan Kusni, Desa Prayungan, Kecamatan Sumberrejo.

Sesuai ketentuan, menurut dia, pengganti enam CJH yang meninggal dunia yaitu CJH yang masuk daftar tunggu di urutan bawahnya.

“Tapi kepastian daftar panggilnya akan ditetapkan berdasarkan keputusan Kemenag Pusat,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kemenag Bojonegoro Segera Sosialisasikan BPIH