KIP Berperan Dorong Keterbukaan Informasi di Jajaran Pemda

share on:
Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Papua, Elia Loupatty Mewakili Gubernur Membuka Rapat Kerja KIP Papua  - Jubi/Alex
Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Papua, Elia Loupatty Mewakili Gubernur Membuka Rapat Kerja KIP Papua – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Papua, Elia Loupatty mengatakan kehadiran Komisi Informasi Provinsi (KIP) Papua berperan untuk dorong keterbukaan informasi di jajaran Pemerintah Daerah (Pemda).

“Di era kerja, kerja dan kerja ini harus kita padukan dengan era keterbukaan informasi publik (transparansi) sebagai pendorong pengawal dalam mewujudkan visi Papua bangkit, mandiri dan sejahtera,” kata Elia Loupatty Saat membuka Rapat Kerja Komisi Informasi Provinsi Papua, di Hotel Niju Jayapura, Kamis (23/4/2015).

Menurut ia, dua tahun kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, perlahan tapi pasti banyak perubahan yang telah dilakukan. Selain itu, dalam dua tahun ini juga pemerintah provinsi telah berjuang bangkit, sehingga dalam masa tiga tahun kepemimpinan berjalan, kemandirian perlu diwujudkan dalam segala hal.

“Saya perintahkan kepada seluruh jajaran Pemda provinsi dan kabupaten dan kota se-Papua untuk tingkatkan kinerja kita melalui “kerja, kerja dan kerja,” ucapnya.

Ia menilai, pembentukan KIP Papua pada 18 Juni 2014 oleh Sekertaris Daerah, merupakan bentuk apresiasi dan kesungguhan Pemda untuk mewujudkan dan mengimplementasikan keterbukaan informasi publik, dalam rangka tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel dan partisipatif.

Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan kebijakan besar yang telah ditetapkan dalam road map Gerbang Mas Hasrat Papua.

“Kebijakan ini merupakan program strategis Gubernur dan Wakil Gubernur Papua 2013-2018, yang secara konsisten harus kita laksanakan untuk mewujudkan Papua bangkit, mandiri dan sejahtera sebagai cita-cita kita semua dan harapan rakyat,” kata Elia Loupatty.

Sementara itu, Ketua KIP Papua, Petrus Yoram Mambai menjelaskan kegiatan rapat kerja bertujuan untuk mempublikasikan kepada masyarakat, lembaga tersebut telah eksis untuk melakukan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara negara, secara khusus mengawasi dan melaksanakan keterbukaan informasi publik di Papua.

Dilain pihak secara internal melakukan pembinaan serta rencana untuk empat tahun kedepan kemudian menyusun program di 2015.

“Tetapi yang paling penting dalam kegiatan Rakerda ini adalah kita minta masukan ke sejumlah SKPD untuk memberi masukan dalam penyusunan beberapa regulasi untuk mendukung KIP dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” kata Petrus Yoram. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KIP Berperan Dorong Keterbukaan Informasi di Jajaran Pemda