Stok Obat Menipis, Pasien Beli Obat di Apotik

share on:
Illustrasi stok obat. Jubi/Ist/Google
Illustrasi stok obat. Jubi/Ist/Google

Sentani, Jubi – Stok obat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari Kabupaten Jayapura saat ini mulai menipis. Pasalnya ada pasien yang mendapat tak mendapat semua obat sesuai resep dan harus beli di apotik swasta.

Hal ini dikatakan Andreas Korwa kepada Jubi, Selasa (21/4/2015) di Rumah Sakit Umum Yowari, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.
“ Ada tujuh jenis obat dalam resep yang diberikan oleh pihak rumah sakit untuk diambil dalam apotik milik rumah sakit ini, tetapi dari tujuh jenis obat yang ditulis dalam resep, hanya tiga jenis saja yang di berikan selanjutnya sisanya saya disuruh oleh petugas untuk di cari di apotik luar dengan alasan stok obatnya mulai menipis,” katanya.

Menurut dia hal ini tentu memberatkan setiap pasien yang berobat di RS Yowai. Apalagi kata dia biaya kesehatan di Papua dananya sudah diakomodir dalam program Otonomi Khusus. “Hal ini tentunya tidak ada tawar menawar oleh pemerintah daerah,”katanya.

Lanjutnya bahwa selama ini banyak pasien yang datang ke sini pelayanannya selalu kurang dan cukup merepotkan. “Kita harus keluar dari rumah sakit untuk membeli obat di luar sana, sementara harga obat di apotik yang diluar jauh lebih mahal, hal ini perlu di perhatikan oleh pihak rumah sakit,” katanya.

Sebelumnya Direktur RSUD Yowari Michael Demetow mengatakan stok obat menipis di rumah sakitnya akibat sistem pembelian dan tender pengadaan obat di lakukan secara online, hal ini cukup mengganggu pelayanan di rumah sakit yang selalu berjalan selama setiap saat, untuk hal tersebut pihaknya telah menyurati kepada Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk mencari solusi yang tepat dalam penyediaan obat – obatan di RSUD Yowari. (Engelberth Wally)

Editor : Dominggus Mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Stok Obat Menipis, Pasien Beli Obat di Apotik