BI: April Harga Sembako Stabil

share on:
rapat TPID kota Jayapura-Humas BI
rapat TPID kota Jayapura-Humas BI

Jayapura, Jubi – Keputusan Pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp 500 dari Rp 6.800 menjadi Rp 7.300 dinilai TPID Kota Jayapura dan Bank Indonesia tidak berdampak signifikan.

Hasiolan Siahaan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, mengungkapkan berdasarkan hasil Survei Pemantauan Harga (SPH) Kota Jayapura oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, April 2015 harga barang relatif stabil dan terkendali.

“Terdapat beberapa barang yang naik harganya, namun bisa diimbangi dengan penurunan harga barang lainnya. Barang yang harganya naik antara lain beras, bensin, dan tarif angkutan dalam kota. Sementara barang yang harganya turun seperti ikan. Sayur, buah, dan telur ayam,” kata Hasiolan melalui siaran pers yang diterima Jubi, Jumat (24/4/2015).

Guna menjaga stabilitas harga di Kota Jayapura, Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua sebagai bagian dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Jayapura melakukan rapat koordinasi pengendalian harga di Jayapura, Kamis (23/4/2015).

Rapat koordinasi dipimpin Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Jayapura, R.D.Siahaya, dan Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua, Hasiholan Siahaan, serta dihadiri anggota TPID Kota Jayapura.

“Koordinasi pengendalian harga sangat penting. Secara umum, stabilitas harga berpengaruh positif terhadap iklim usaha dan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan daya saing daerah,” kata Hasiolan.

Sekda Kota Jayapura, RD Siahaya, mengatan rapat koordinasi pengendalian harga membuahkan beberapa hasil positif. Salah satunya adalah kesepakatan untuk memperkuat peran TPID, dan merevisi struktur TPID sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri No.027/1696/SJ tentang Menjaga Keterjangkauan Barang dan Jasa di Daerah.

“TPID Kota Jayapura akan mengawal stabilitas harga dengan mendorong kebijakan untuk mengatasi permasalahan ekonomi sektor riil dan mengelola ekspektasi masyarakat,” katanyanya. (Sindung Sukoco)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BI: April Harga Sembako Stabil