Koloni Tahanan, Awal Kolonialisme Perancis di Kanaki (New Caledonia)

share on:
Tahanan Perancis yang dikirim ke Kaledonia Baru - The Great Book of Pacific
Tahanan Perancis yang dikirim ke Kaledonia Baru – The Great Book of Pacific

Koloni tahanan Kaledonia didirikan pada tahun 1863 untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh iklim dan hewan berbahaya yang ditemui di galley Cayenne. Yang pertama “dikirim” tahanan biasa, tiba pada tanggal 9 Mei 1864 dan diakhiri di Nou Island. Selama 33 tahun, 75 konvoi membawa sekitar 21.000 narapidana yang dihukum kerja paksa. Narapidana ini hanya berperan dalam membangun koloni hukuman, tetapi juga di perbankan sampai teluk Noumea dan dalam pembangunan gedung-gedung besar.

Setelah delapan tahun menjalani hukuman dan delapan tahun selanjutnya bekerja menggarap lahan, para tahanan ini dibebaskan dari status hukuman oleh Administrasi Lembaga Pemasyarakatan. Mereka bebas untuk kembali ke Prancis, atau untuk terus bekerja pada sebidang tanah, yang bisa menjadi milik mereka.

Bagi kebanyakan tahanan, pergi ke koloni adalah cara untuk “memperbaiki kesalahan”. Mereka dipilih berdasarkan keahlian profesional atau artistik mereka. Namun setiap usaha dilakukan agar narapidana tidak akan kembali ke tanah air mereka. Bahkan administrasi penjara sudah siap untuk membiayai perjalanan keluarga mereka untuk datang dan menetap di Kaledonia Baru. (*)

Lanjut baca koloni tahanan Perancis

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Koloni Tahanan, Awal Kolonialisme Perancis di Kanaki (New Caledonia)