Bendungan Baru Dibangun Cina untuk Tingkatkan Daya ke Port Moresby

share on:
Dam Sirinumu yang memasok listrik dengan kekuatan air kepada ibukota Port Moresby, dibuka pada 1963. Foto: RNZ
Dam Sirinumu yang memasok listrik dengan kekuatan air kepada ibukota Port Moresby, dibuka pada 1963. Foto: RNZ

Jakarta, Jubi – Sebuah bendungan hidro-listrik baru dengan daya 550 kilowatt akan dibangun di Papua Nugini, Provinsi Tengah (Central Province) untuk meningkatkan pasokan listrik ke Port Moresby.

Koran the National melaporkan, bendungan hidro-listrik baru tersebut akan dibangun oleh sebuah perusahaan Cina di sepanjang Sungai Brown, sekitar 50 kilometer dari ibukota Port Moresby.

Perdana Menteri PNG, Peter O’Neill, berada di lokasi bendungan di Edevu pada akhir pekan lalu. Ia mengatakan kepada para wartawan bahwa proyek pembangunan bendungan tersebut akan didorong oleh sektor swasta tetapi pemerintah, melalui PNG Power, yang akan memiliki pelanggan terbesar.

Juru bicara Pengembangan Hydro PNG Ltd, Allan Guo, mengatakan proyek ramah lingkungan akan menghasilkan pengembalian pajak tahunan sebesar 30 juta kina atau sekitar US $ 11.000.000 bagi pemerintah.

Inforamasi dari pngpower.com.pg menyebutkan, sistem di Port Moresby melayani Capital District National, pusat komersial, industri dan administrasi Papua Nugini. Sistem Port Moresby juga melayani daerah sekitarnya di Central Province. Sumber utamanya adalah sistem Rouna yang terdiri dari empat stasiun hydro di Sungai Laloki, penyimpanan air dikontrol di Sirinumu Reservoir dan genset kecil di ujung bendungan Sirinumu. Total kapasitas dari Stasiun Daya Rouna adalah 62.2MW.

Daya PNG juga mengoperasikan pembangkit listrik thermal di Moitaka, luar Port Moresby yang juga digunakan untuk menambah pasokan dari Power Station Rouna dengan kapasitas generasi 30MW.

PNG Daya juga membeli listrik dari pembangkit listrik swasta di Kanudi. The Kanudi Power Station (diesel) selesai pada Januari 1999 dimiliki dan dioperasikan oleh IPP, yang menjual listrik secara eksklusif untuk PNG Power. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bendungan Baru Dibangun Cina untuk Tingkatkan Daya ke Port Moresby