Kepala Kampung di Yahukimo Diduga Lebih Suka di Kota

share on:
Anggota DPR Papua dari Dapil Yahukimo, Natan Pahabol dan Lazarus Siep - Jubi/Arjuna
Anggota DPR Papua dari Dapil Yahukimo, Natan Pahabol dan Lazarus Siep – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Sejumlah kepala kampung di KabupatenYahukimo, Papua diduga jarang berada di tempat tugas. Kabarnya, mereka lebih suka berada di Ibukota Kabupaten, Dekai.

Anggota DPR Papua dari Daerah Pemilihan (Dapil) Yahukimo, Natan Pahabol mengatakan, kondisi pemerintahan kampung di kabupaten itu memprihatinkan.

“Di Yahukimo ada 518 kampung, atau terbesar di Papua. Dalam undang – undang, aturannya jelas, kepala kampung harus menjalankan amanat atau fungsi pemerintahan tingkat bawah. Namun ketika kami melakukan kunjungan kerja dan reses, kami dapati banyak kepala kampung jarang di tempat tugas. Mereka lebih banyak di ibukota kabupaten,” kata Natan Pahabol, Rabu (29/4/2015).

Menurutnya, diduga para kepala kampung itu jarang di tempat tugas karena gaji mereka ada di rekening bank di kota. Akibatnya para pimpinan kampung berbulan – bulan meninggalkan masyarakatnya. Sementara di kota, mereka harus memenuhi kebutuhan hidupnya dengan uang.

“Dalam kondisi itu, bisa saja terjadi dugaan korupsi, karena aparat kampung lainnya punya uang bisa saja diambil kepala kampung demi kebutuhannya di kota. Akibatnya dia takut kembali ke kampung,” ucapnya.

Anggota DPR Papua lainnya dari Dapil Yahukimo, Lazarus Siep mengatakan, prihatin dengan keadaan itu. Ia berharap, bupati setempat bisa menyikapi kondisi tersebut. Menurutnya, silahkan bayarkan hak kepala kampung dan distrik, namun mereka harus melaksanakan tugas.

“Kalau masyarakat merasa tak punya pimpinan lagi di distrik dan kampung, masyarakat tak akan betah. Jadi sebelum masa jabatan bupati berakhir segera sikapi kondisi itu. Jangan meninggalkan kesan yang kurang baik,” kata Lazarus Siep. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kepala Kampung di Yahukimo Diduga Lebih Suka di Kota