Bea Cukai Pekalongan Sita 22.648 Batang Rokok Ilegal

share on:

Pekalongan, Jubi/Antara – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Pekalongan, Jawa Tengah, melalui operasi yang dilaksanakan selama Maret 2015 hingga akhir April 2015 menyita sebanyak 22.648 batang rokok tanpa pita cukai.

Kepala Sub Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Pekalongan, Ranto Wibowo, di Pekalongan, Minggu (3/5/2015), mengatakan ribuan batang rokok ilegal tersebut disita petugas dari para pedagang di wilayah Kabupaten/Kota Pekalongan.

“Kami bekerjasama dengan satuan politik pamong praja (Satpol PP) akan terus menggelar operasi sebagai upaya meminimalkan peredaran rokok tanpa cukai,” katanya.

Menurut dia, beberapa jenis dan merek rokok tanpa pita cukai tersebut, antara lain Guci, 292, Silla Classic, Hero Black, Gudang Semen, LC, dan Estillo.

Pada operasi tersebut, kata dia, selain menyita rokok ilegal, BC juga melakukan pembinaan dan diharuskan membuat surat pernyataan kepada para pedagang agar tidak menjualnya lagi.

Ia mengatakan sebenarnya Bea Cukai sudah mensosialisasikan tentang peraturan pita cukai secara langsung pada para pedagang dan masyarakat di kelurahan.

Sosialisasi ke sejumlah toko, kata dia, justru rutin dilakukan setiap dua minggu sekali dengan mengundang tokoh masyarakat, pemuda, penjual rokok, hingga pengurus kelurahan.

“Melalui sosialisasi tersebut, kami berharap peredaran rokok ilegal semakin menurun karena kesadaran masyarakat sehingga penerimaan cukai pun menjadi meningkat,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bea Cukai Pekalongan Sita 22.648 Batang Rokok Ilegal