Dua kampung Di Distrik Tigi akan Aliri PLTS

share on:
Drs.Irenius Adii, MT, Kepala Dinas ESDM, Kabupaten Deiyai. (Jubi/Ones Madai)
Drs.Irenius Adii, MT, Kepala Dinas ESDM, Kabupaten Deiyai. (Jubi/Ones Madai)

Deiyai, Jubi – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Deiyai, Irenius Adii mengatakan tidak semua kampung di Kabupaten Deiyai akan mendapatkan Aliran Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Kampung Okomo dan Kampung Bomou II yang akan bangun PLTS dalam tahun 2015, ini. Sedang yang lainnya kemungkinan pada 2016 mendatang. Tetapi yang jelasnya akan dibangun secara bertahap,” ujar Irenius Adii, di Wakeitei I, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Minggu (3/5/2015).

Ia memonta kampung-kampung yang belum mendapat penerangan PLTS agar tidak berkecil hati, karena Dinas ESDM akan mengusulkan dana akan melobi dana ke pemerintah pusat.

“Semoga pemerintah daerah bisa prioritaskan penerangan. Karena, listrik sangat penting dalam peningkatan dan kebutuhan sehari-hari ,” kata lelaki yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolahan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Paniai, ini.

Dirinya juga tengah berupaya, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) akan beroperasi pada 2015. Tetapi, katanya PLTD akan diperuntukan bagi dua kampung yang ada di sekitar ibu kota Kabupaten Deiyai.

“Jadi, PLTD sudah dikhususkan hanya kampung Wakeitei I dan Wakeitei II ditambah dengan perumahan dan perkantoran yang bisa dijangkau,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Suku Umum Kabupaten Deiyai, Frans Mote memberikan apresiasi yang sangat mendalam kepada pemerintah yang telah berupaya menghadirkan proyek pusat yang juga merupakan kerinduan masyarakat Deiyai untuk menikmati penerangan.

“Sejak lama masyarakat Deiyai ingin nikmati penerangan tapi sampai saat ini belum memberikan kontribusi yang positif oleh pemerintah Daerah. Tapi, masyarakat sangat bangga dengan upaya yang dilakukan oleh Kadin ESDM yang pada akhirnya PLTD akan beroperasi dalam waktu yang dekat,” katanya.

“Masyarakat harus memberikan dukungan dalam pembangunan PLTA maupun PLTD ini agar pembangunan bisa berjalan dengan aman dan bisa selesai dalam waktu yang dekat,” katanya. (Ones Madai)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dua kampung  Di Distrik Tigi akan Aliri PLTS