Pengawas Polisi Pamong Praja Kawal Distribusi Soal UN

share on:

Manado, Jubi/Antara – Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Manado, Sulawesi Utara, Daglan Walangitan, mengatakan pendistribusian soal Ujian Nasional (UN) ke sekolah SMP/MTs di kota tersebut sudah selesai dengan pengawalan Pengawas dan Polisi Pamong Praja (Pol PP).

“Soal-soal UN selesai didistribusikan akhir pekan lalu di sekolah penyelenggara dengan pengawalan ketat guna mencegah kebocoran atau pun tercecer di jalan,” kata Daglan Walangitan, di Manado, Minggu (3/5/2015).

Walangitan mengatakan, soal-soal UN tersebut diterima dari Dinas Pendidikan provinsi pada awal pekan, dan diterima oleh Pemerintah Kota Manado secara simbolis lalu diteruskan ke dinas pendidikan dan ke sekolah.

Walangitan menjamin semuanya sampai ke sekolah penyelenggara dengan aman, jadi tidak ada yang tercecer atau hilang di tengah jalan.

“Kami menjamin tidak ada kebocoran soal, karena saat distribusi dilakukan dalam pengawasan dan pengawalan ketat,” katanya.

Dia menegaskan, Disdik sangat menjunjung tinggi kejujuran sehingga, setiap tahapan sangat diperhatikan agar tidak ada peluang kebocoran dan kecurangan yang bisa terjadi.

Menurut Walangitan, Disdik berkali-kali menyampaikan kepada seluruh sekolah penyelenggara, agar terus mengingatkan para siswa, mengutamakan kejujuran apalagi UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan siswa.

“Jadi kami menjamin kalau UN akan terlaksana dengan baik, terutama tidak ada kebocoran soal UN seperti yang dikhawatirkan banyak pihak,” katanya.

Apalagi menurutnya setelah terjadinya kebocoran soal UN tingkat SMA, meskipun bukan di Manado, tetapi pihaknya tetap waspada dan mengantisipasi jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

UN tingkat SMP/MTs di Manado diikuti oleh 3.837 orang dan akan dilaksanakan mulai tanggal 4-7 Mei 2015, dimulai pukul 07.30 Wita dengan sistem pengawasan silang. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pengawas Polisi Pamong Praja Kawal Distribusi Soal UN