Semua Pihak Di Yaman Didesak Laksanakan Gencatan Senjata

share on:
Valeri Amos, Wakil Sekretaris Jenderal PBB bagi Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat. Foto: www.theguardian.com
Valeri Amos, Wakil Sekretaris Jenderal PBB bagi Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat. Foto: www.theguardian.com

PBB, New York, Jubi/Antara/Xinhua – Pemimpin organisasi kemanusiaan PBB Valeri Amos pada Senin (11/5) mendesak semua pihak dalam konflik Yaman agar melaksanakan gencatan senjata kemanusiaan lima-hari dan “memberi rakyat Yaman waktu istirahat”.

“Mengingat situasi kemanusiaan yang memburuk di lapangan di Yaman dan ratusan ribu warga sipil yang rentan terjebak di tengah pertempuran dan tak memperoleh akses ke bantuan penyelamat nyawa, penting bahwa jeda ini terwujud,” kata Amos, Wakil Sekretaris Jenderal PBB bagi Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat, di dalam satu pernyataan yang dikeluarkan di Markas Besar PBB, New York, AS.

Ia mengatakan jika jeda dalam pertempuran, yang dijadwalkan dimulai pada Selasa, dilaksanakan oleh semua pihak dalam konflik tersebut, itu akan memungkinkan pekerja PBB dan mitranya meningkatkan kegiatan.

“Anggota staf penting internasional kembali ke Yaman,” kata Amos. “Kami dapat mengirim lebih banyak jatah makanan, menyediakan perawatan medis buat orang yang sakit dan cedera dan memastikan pasokan air bersih sampai ke rumah dan ruma sakit. Kami memerlukan jaminan keamanan dan dukungan logistik guna memungkinkan kami melakukan ini.”

Dalam satu taklimat bersama Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir pada Jumat (8/5) mengatakan gencatan senjata direncanakan dimulai pada Selasa malam dan pelaksanaannya dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok Al-Houthi.

Utusan Khusus PBB buat Yaman, Ismail Ould Cheikh Ahmed, direncanakan kembali ke Ibu Kota Yaman, Sana’a, Selasa, sebelum jeda kemanusiaan yang diumumkan itu, kata Juru Bicara PBB Farhan Haq dalam satu taklimat di Markas Besar PBB. Cheikh dijadwalkan bertemu dengan gerilyawan Al-Houthi dan pihak lain di Yaman.(*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Semua Pihak Di Yaman Didesak Laksanakan Gencatan Senjata