Kapal Terbakar, 200 Ekor Sapi Mati Terpanggang

share on:

Kupang, Jubi/Antara – Diperkirakan sekitar 200 ekor sapi mati dalam kondisi hangus terbakar pada tragedi kapal pengangkut sapi Asia Raya Surabaya rute Kupang-Samarinda, Kalimantan Timur, yang bocor dan terbakar di perairan Hansisi, Kabupaten Kupang, NTT, pada Jumat (15/5).

Yemris Fointuna, keluarga pemilik sapi mengatakan untuk sementara evakuasi sapi yang hidup masih dilakukan sejak Sabtu (16/5) kemarin dari atas dek satu yang jumlah sapinya mencapai 224 ekor.

“Belum bisa dipastikan apakah benar itu jumlah pasti sapi yang mati terbakar. Masih perhitungan kotor saja, bisa juga kurang dari itu atau juga lebih,” katanya di Kupang, Minggu (17/5/2015).

Ia menjelaskan, fokus pengevakuasian sapi tersebut lebih kepada sapi-sapi yang hidup sehingga dirinya belum bisa memastikan secara pasti jumlah yang mati.

Sementara itu, evakuasi sapi tersebut juga sampai saat ini masih dilakukan dengan fokus pada sapi yang berada di dek bawah.

“Kalau sapi yang mati di dek atas belum kami evakuasi tapi kalau yang hidup sudah semua, kemudian sapi yang hidup di dek bawah juga masih dilakukan evakuasi,” katanya.

Dalam evakuasi tersebut ia menyatakan Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Tenau Kupang sendiri ikut membantu dengan menurunkan beberapa buah kapal.

Disamping itu juga evakuasi juga dilakukan oleh sejumlah pemilik sapi untuk menyelamatkan sapi-sapi tersebut.

Sebelumnya kapal pengangkut Sapi bernama Asia Raya Surabaya, yang membawa 624 ekor sapi rute Kupang- Samarinda, Kalimantan Timur, itu mengalami kebocoran pada tangki penyeimbang yang berakibat pada kemiringan kapal di Perairan Hansisi.

Akibat dari kemiringan tersebut, Kapten kapal Asia Raya Surabaya, Nadja Bunai, langsung menembakkan suar, tak berselang lama jerami pakan ternak hewan tersebut terbakar. Diduga akibat percikan suar yang ditembakkan berakibat sejumlah sapi terbakar dalam kebakaran tersebut, sedangkan kapalnya tidak. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Dewi Wulandari
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kapal Terbakar, 200 Ekor Sapi Mati Terpanggang