242 Ribu Anak Akan Terima KIP

share on:
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua, Elias Wonda - Jubi/Alex
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua, Elias Wonda – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Menurut data sementara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua, 242.875 ribu anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kabupaten/kota se Papua akan menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). 

“Data sementara yang ada pada kami tingkat SD sebanyak 218.736 siswa dan SMP 2.802 siswa. Jadi total keseluruhan 242.875 anak,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua, Elias Wonda saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, di Jayapura, Senin (18/5/2015).

Menurut ia, data yang ada pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ada beberapa sekolah yang belum terdaftar, khususnya untuk tingat SMP, sementara untuk SD semuanya sudah terdata.

“Data yang ada pada kami sekarang per kabupaten, kalau menyangkut sekolah mana yang akan terima itu semua tergantung pihak kabupaten,” ucapnya.

Meskipun demikian, lanjut Wonda, pihaknya menganggap sekolah negeri maupun swasta semua sama dan layak untuk menerima program dari pusat. “Yang membedakan antara sekolah negeri dan swasta itu orang lain, kalau kami di dinas menilai semua sekolah itu sama, tidak ada pembedaan,” kata Wonda.

Saat diminta tanggapan soal adanya KIP, Elias Wonda katakan program ini sebenarnya dari dulu sudah ada, hanya saja namanya berbeda yakni ‘bantuan siswa miskin’.

“Penilaian saya ini sama, hanya namanya saja yang dipoles agar lebih enak didengar, begitu juga dengan jumlah dana yang didapat, lebih besar KIP yakni 700 sampai dengan 1 juta per anak,” ujarnya.

Menanggapi itu, dirinya berharap dalam pembagian KIP semua masyarakat bisa dapat, jangan hanya marga tertentu saja yang mendominasi, tetapi semua orang asli papua harus dapat, tidak boleh beda bedakan.

Sebelumnya. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan program Kartu Indonesia Pintar setahun diberikan jaminan untuk anak SD sebesar Rp450 ribu per tahun, SMP Rp750 ribu per tahun, dan SMA Rp1 juta per tahun. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  242 Ribu Anak Akan Terima KIP