Peran Bakohumas Penting Dalam Penyebaran Informasi

share on:
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua, F.X Mote Saat Buka Workshop Bakohumas - Jubi/Alex
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua, F.X Mote Saat Buka Workshop Bakohumas – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua menilai kehadiran Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) sangat penting, karena peran dari lembaga non struktural ini adalah sebagai forum koordinasi dan kerjasama antar unit kerja bidang kehumasan.

“Bakohumas adalah lembaga non struktural yang berperan dan berfungsi sebagai forum koordinasi dan kerjasama antar unit kerja bidang kehumasan di kementerian, kesekretariatan lembaga negara, lembaga pemerintah non kementerian dan lainnya,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol SetdaPapua, F.X Mote saat membuka Workshop BAKOHUMAS, di hotel Aston Jayapura, Papua, Selasa (19/5/2015).

Menurut ia, untuk mendorong terciptanya masyarakat dan pemerintah yang cerdas, berpengetahuan luas, profesional dan akuntabel, diperlukan kerjasama dan koordinasi kerja yang baik, efektif, efisien dan berkesinambungan antara pemerintah dengan stakeholder.

Sedangkan hubungan masyarakat (Humas) adalah upaya yang dilakukan dan direncanakan secara berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara institusi dengan publiknya.

“Humas di unit kerja bidang kehumasan adalah lembaga humas dan atau praktisi humas yang melakukan fungsi manajemen dalam bidang informasi dan komunikasi yang persuasif, efektif dan efisien untuk menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan publiknya melalui berbagai sarana kehumasan,” katanya lagi.

Dikatakannya, Humas pemerintah merupakan yang terdepan dalam menyampaikan informasi kepada publik, untuk itulah Biro humas dan Protokol Setda Provinsi Papua memprakasai untuk mengadakan Workshop Penguatan Bakohumas dibawa sorotan Tema “Peran Bakohumas Mendukung Pemerintah Daerah”.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan membangun kesepahaman kita tentang peran dan fungsi Bakohumas dalam rangka memplubikasikan dan mensosialisasikan program pembangunan dan kebijakan pemerintah daerah kepada publik,” ucapnya.

Sebelumnya. Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan terintegrasinya sistem pelayanan informasi melalui wadah Bakohumas merupakan bagian dari tuntutan kemajuan jaman Iptek dalam rangka mewujudkan pelayanan informasi publik yang profesional dan akuntabel. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Peran Bakohumas Penting Dalam Penyebaran Informasi