Jelang Ramadan dan Lebaran, Pelindo Antisipasi Lonjakan

share on:

Jayapura, Jubi – Prediksi kenaikan barang dan penumpang jelang Ramadhan, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Jayapura, melalui Manager Pelayanan Barang Aneka Usaha (PBAU), Belthasar A Uniwally, mengatakan beberapa usaha dilakukan pihaknya untuk antisipasi moment sekali setahun tersebut.

“Situasi kondisi aman dan terpusat pada kontenerisasi beserta penambahan barang non petikemas. Di tahun ini diprediksi lonjakan barang akan mencapai 10 persen sebulan sebelum puasa puasa dan Lebaran. Biasanya begitu,” katanya.

Uniwally menambahkan akan menggunakan lahan seluas 3 Hektar di depo Kontainer Hamadi sebagai antisipasi lonjakan barang di bulan puasa. “Beda dengan tahun kemarin yang fokusnya di perubahan alat, kita sekarang ini juga ada penambahan lahan menjadi kita lebih siap dalam lonjakan karena daya tampung yang lebih banyak,” ucapnya.

Iapun mengungkapkan dengan perubahan alat pelabuhan tersebut sehingga saat ini pihaknya melayani bongkar muat pelabuhan Jayapura sampai 98.000 teus/tahun.

Terkait lonjakan penumpang, Pelindo juga memprediksi akan naik 20 persen jelang Lebaran. Untuk itu, Pelindo akan menyiapkan tenda di luar ruang tunggu penumpang.

“Kita siapkan tenda untuk antisipasi hal tersebut,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Logisitik Indonesia (ALI), Zaidi Masita, mengakui adanya kepadatan arus barang di pelabuhan jelang bulan puasa dan Lebaran. Hal ini menjadi ancaman bagi memburuknya perfomance dewlling time di pelabuhan tersebut.

“Sekarang apa saja usaha OP untuk menghadapi Lebaran, kapasitas infrastruktur tetap sama seperti tahun lalu, tapi volumenya akan naik tinggi sampai 20 persen hingga 30 persen. Belum ada langkah konkritnya,” katanya dikutip dari JPNN. (Sindung Sukoco)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jelang Ramadan dan Lebaran, Pelindo Antisipasi Lonjakan