Kamis (21/5/2015) AMP Akan Turun Jalan

share on:
Bintang Kejora dikibarkan saat aksi demonstrasi mahasiswa Papua di Yogyakarta, 20/5/2015 - majalahselangkah.com/Jubi.
Bintang Kejora dikibarkan saat aksi demonstrasi mahasiswa Papua di Yogyakarta, 20/5/2015 – majalahselangkah.com/Jubi.

Nabire, Jubi – Hari ini, Rabu (20/5/2015) Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di kota Yogyakarta, Solo dan beberapa kota di Jawa Tengah menggelar aksi demonstrasi damai. Pihaknya mengibarkan bendera Bintang Kejora dalam aksi ini.

Aksi demonstrasi dan long march ratusan mahasiswa yang dimulai dari Asrama Kamasan I Yogyakarta menuju Nol Kilometer, Malioboro ini digelar sebagai pentuk dukungan atas The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) agar diterima menjadi anggota tetap Melanesian Spearhead Group (MSG).

“Tujuan aksi kami AMP hari ini tanggal 20 Mei 2015 adalah mendukung para diplomat Bangsa Papua Barat dalam wadah koordinasi ULMWP agar mewakili rakyat Bangsa Papua Barat kembali berkumpul dalam keluarga Melanesia di MSG,” jelas ketua AMP pusat, Jeffry Wenda di Malioboro seperti diliris majalahselangkah.com.

Mayus Pigai, Juru bicara aksi menegaskan tiga hal. Pertama, ULMWP adalah representasi rakyat Papua Barat dan ia berhak mewakili Bangsa Papua dalam forum negara-negara Melanesia di Pasifik yakni MSG.

“Kedua, lanjut Pigai, Saat ini rakyat Bangsa Papua membutuhkan dukungan rakyat sipil dan pemerintah dari negara-negara Melanesia lainnya di Pasifik agar Papua bisa mengalahkan diplomasi busuk Indonesia dan berhasil berkumpul kembali dalam keluarga Melanesia di MSG.

Lanjut Pigai, AMP meminta rakyat sipil dan pemerintah Papua New Guinea, Vanuatu, Fiji, Solomon Island, dan New Kaledonia juga untuk bersuara dan berjuang bersama orang-orang Melanesia di Tanah Papua agar selamat dari bahaya pemusnahan etnis Melanesia oleh negara Republik Indonesia di atas Tanah Papua.

AMP dalam aksi ini mengibarkan bendera Bintang Kejora, bendera kebangsaan Papua Barat yang pernah dinaikan pada 1 Desember 1961 diiringi lagu Hai Tanahku Papua sebagai lagu kebangsaan kala itu di Hollandia, sekarang Jayapura.

Pengibaran Bintang Kejora dalam aksi ini adalah yang kedua, setelah sebelumnya dikibarkan saat demo 1 Mei 2015 menolak aneksasi Tanah Papua oleh Indonesia.
Jefry Wenda mengatakan, aksi serentak AMP akan digelar esok, tanggal 21 Mei 2015 di tiga wilayah. Wilayah Jawa Barat di Bogor, wilayah Jawa Tengah di Yogyakarta, dan Jawa Timur di Surabaya.

Seruan demo serentak ini, kata Jefry, menyambut seruan di Tanah Papua yang akan gelar demo damai  pada 21 Mei 2015 mendukung bangsa Papua Barat dalam ULMWP masuk jadi anggota tetap di MSG.

“AMP akan turun jalan serentak, besok, tanggal 21 Mei 2015. Tuntutannya sama, Papua masuk MSG dalam wadah ULMWP, kembali kumpul dengan keluarga Melanesia lainnya di Pasifik. Di tanah air juga akan demo besok,” jelas Wenda. (Abeth You)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kamis (21/5/2015) AMP Akan Turun Jalan