Diduga Beras Sintetis Beredar di Kota Jayapura

share on:
Beras sintetis - IST
Beras sintetis – IST

Jayapura, Jubi – Adanya laporan SMS warga Waena kepada Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano ditindaklanjuti secara langsung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jayapura dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Jayapura.

“Ya saya belum tahu kepastian kebenarannya atas beras sintetis tersebut karena baru laporan warga melalui sms kepada saya ada di perumnas, oleh sebab itu saya perintahkan instansi terkait untuk mengkroscek kebenarannya,” ujar Mano kepada wartawan, Kamis (22/5/2015)

“Kalau itu benar, ini harus segera ditindaklanjuti dan dimusnahkan dan penjualnya akan dipanggil dan dicerahkan. Kok warga sudah masak selama 3 jam tidak jadi nasi?” tambah Mano.

Wali Kota menegaskan tidak hanya beras sintetis menjadi tanggung jawab pemerintah saja akan tetapi juga barang kadaluarsa, ikan berformalin dan stok sembilan bahan pokok menjadi poin penting tanggung jawab pemerintah bersama stakeholder seperti BBPOM.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Jayapura, Robert Awi mengakui akan menindaklanjuti temuan dan laporan warga dengan membawa sampel yang didapatnya untuk diteliti ke BBPOM.
“Kita sedang turunkan tim ke beberapa titik lokasi yang diduga kuat sebagai lokai beredarnya beras tersebut. Selain itu sampel yang dipunyai Disperindagkop ini akan ditindaklanjuti ke BPPOM ini kemudian akan kita ketahui kebenaran atas dugaan beras sintetis tersebut, secepatnya,” ujarnya.

Ia sendiri mengaku tidak mengetahui beredarnya beras tersebut. Saat ini Kementrian Perdagangan melalui Dirjen Perdagangan dan Distribusi lagi menelusuri adanya perdagangan beras yang berasal dari China tersebut.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jayapura, Dominggus Rumaropen juga mengakui kini pihaknya bersama Disperindagkop Kota Jayapura lagi turun lapangan untuk menelusuri indikasi beredarnya beras sintetis di Kota Jayapura. (Sindung Sukoco)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Diduga Beras Sintetis Beredar di Kota Jayapura