PALM7 Summit, Pemimpin Pasifik Berkumpul di Jepang

share on:
Duta Besar Jepang untuk Salomon. Foto: Salomonstarnews.com
Foto: Salomonstarnews.com

Jakarta, Jubi – Sejumlah pemimpin dari negara-negara Kepulauan Pasifik berkumpul di Jepang dalam pertemuan tingkat tinggi “The Seventh Pacific Islands Leaders’ Summit (PALM7 Summit)”, yang diselenggarakan mulai 22-23 Mei 2015 di Iwaki City, Prefectur Fukushima.

Pertemuan tersebut sebagai kesempatan untuk memperkuat perdagangan dan pertukaran budaya antara Jepang dan mitranya di negara-negara di kawasan Pasifik.

PALM7 Summit akan dipimpin oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dan Presiden Tommy Remengesau dari Palau.

Sebuah pernyataan dari Kedutaan Besar Jepang di Honiara mengatakan, Rapat Pimpinan Kepulauan Pasifik dengan Jepang adalah pertemuan tingkat tinggi yang diadakan setiap tiga tahun sejak tahun 1997.

“KTT ini adalah di mana para pemimpin mendiskusikan masalah yang dihadapi negara-negara kepulauan Pasifik dalam rangka membangun hubungan kerjasama dan menjalin ikatan persahabatan antara Jepang dan negara-negara kepulauan Pasifik,” pernyataan Dubes Jepang, mengutip Salomonstarnews.com, Rabu (20/5/2015).

Pada 2012, pada forum PALM 6, para pemimpin sepakat tentang perlunya respon yang komprehensif untuk adaptasi perubahan iklim di Pasifik, dan tentang pentingnya mempromosikan pembangunan berkelanjutan berdasarkan pada keamanan manusia melalui Millennium Development Goals (MDGs).

Mengutip Laporan Radio New Zealand, Kamis (21/5/2015), Pedana Menteri Papua Nugini,Peter O’Neill, mengatakan bahwa bagian dari pertemuan itu akan berlangsung di Fukushima, daerah yang hancur akibat gempa bumi dan tsunami pada empat tahun lalu.

Peter O’Neill mengatakan, PNG memiliki bencana serupa yakni tsunami di Aitape pada tahun 1998, dan baru-baru ini, wilayah bagian PNG juga mendapatkan serangkaian gempa bumi besar, sehingga kedua negara dapat berbagi informasi dan pengalaman.

Pemimpin Pasifik di Jepang termasuk Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama, yang telah bertemu dengan Shinzo Abe, mengatakan kepadanya bahwa Jepang harus berurusan dengan Fiji “dengan cara yang lebih terbuka dan langsung . Dan, dengan penghargaan yang lebih besar dari posisinya,” kata Bainimarama. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PALM7 Summit, Pemimpin Pasifik Berkumpul di Jepang